pisau tajam
Sumber gambar : freepik

Pisau menjadi salah satu perlengkapan penting di dapur. Pisau berfungsi memotong atau mengiris dan mengupas berbagai bahan makanan serta bumbu dapur. Oleh karena itu, pisau harus tajam supaya lebih memudahkan dalam memotong bahan makanan seperti daging, buah, dan lainnya.

Namun, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan pisau sehingga mudah tumpul dan berkarat. Berikut ini tips merawat pisau supaya tetap awet dan tajam.

Gunakan Pisau Terpisah

Gunakan pisau secara terpisah sesuai bahan makanan. Selain menjaga kebersihan, ini juga akan menjaga ketajaman pisau. Bedakan pisau untuk menyiapkan atau memotong makanan mentah dan makanan matang. Hindari menggunakan satu pisau untuk memotong semua bahan makanan.

Gunakan Talenan Saat Memotong

Saat memotong bahan makanan, gunakan telenan atau alas berbahan kayu atau plastik supaya pisau tidak mudah tumpul. Hal ini karena bahan kayu atau plastik yang lebih lunak sehingga tidak membuat mata pisau cepat tumpul.

Jangan Merendam Pisau

Setelah menggunakan pisau, hindari untuk merendam pisau terlalu lama. Hal ini supaya pisau tidak lembab dan mudah berkarat. Segera cuci bersih pisau setelah digunakan dan langsung keringkan supaya pisau tidak lembab.

Simpan Pisau Secara Terpisah

Simpan pisau secara terpisah dengan perlengkapan dapur lainnya. Hal ini untuk menghindari cedera ketika mengambil barang lainnya dalam satu tempat. Selain itu juga untuk menghindari kontaminasi dengan peralatan dapur lainnya sehingga pisau tetap bersih dan awet.

Jangan Simpan Pisau di Wadah Kayu

Cukup banyak penjual pisau yang menawarkan satu set pisau beserta wadah kayu penyimpannya. Namun, ternyata wadah kayu ini membuat pisau lebih mudah tumpul. Jika pisau dalam keadaan lembab dan simpan dalam wadah kayu maka akan membuat pisau berkarat dan rusak.

Bagaimana sobat, cukup menjawab permasalahan mengenai pisau dapur? Ayo bagikan informasi ini ke teman, kerabat, dan orang-orang terdekat kamu ya. Dan jangan lupa ikutan Tukar Hadiah Rejeki Indomaret Poinku dengan pisau tajam dari Kitchenware Berlinger Haus. Tunggu apalagi, ayo buruan tukar sebelum kehabisan!

Baca juga : Cara Dapetin Produk Eksklusif Di Promo Tukar Hadiah Rejeki Poinku

pisau tajam
Periode promo terbatas hingga 24 Mei 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here