belajar anak
sumber gambar: freepik/sherry

Membiasakan anak untuk belajar tentu tidak mudah. Ini dia tips membangun kebiasaan belajar pada anak yang bisa Bunda terapkan.


Karena belajar menjadi salah satu metode untuk mengenalkan anak pada pendidikan. Seperti yang kita tahu, pendidikan sangat penting untuk menunjang pola pikir dan keterampilan anak.

Hal ini bisa dimulai dari membangun kebiasaan pada anak, sehingga berdampak baik bagi pendidikan mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk menerapkan kebiasaan baik ini pada anak.

1. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman

belajar anak
sumber gambar: freepik/ArthurHidden

Selain dukungan orang tua, situasi dan lingkungan yang kondusif dan nyaman akan menciptakan suasana belajar yang baik bagi anak. 

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membangun kebiasaan pada anak. Hindari gangguan, seperti gadget ataupun hal lain yang bisa mengalihkan perhatian anak. 

2. Tetapkan Rutinitas Waktu

belajar anak
sumber gambar: freepik/onlyyouqj

Buat jadwal harian yang konsisten untuk waktu belajar anak. Dengan begitu anak akan terbiasa dengan rutinitas waktu yang sudah Ayah dan Bunda terapkan.

Waktu ini, bisa meliputi kapan waktunya membaca, menyelesaikan tugas, mempelajari materi baru atau hal-hal yang berdampak positif bagi anak.

Baca Juga: Ini Cara Terapkan Metode Belajar Menyenangkan

3. Berikan Pujian dan Dorongan 

belajar anak
sumber gambar: freepik/thanyakij-12

Sama seperti orang dewasa, anak juga akan merasa lebih bersemangat dalam belajar ketika diberi pujian serta dorongan motivasi agar anak mau untuk terus berusaha.

4. Gunakan Metode yang Bervariasi

belajar anak
sumber gambar: freepik/klingsup

Menggunakan metode yang bervariasi bisa meningkatkan minat anak dalam mempelajari hal-hal baru. Gunakan berbagai metode pembelajaran, seperti cerita, permainan, atau eksperimen.

Tujuannya untuk membuat suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Sehingga anak akan dengan mudah terbiasa.

5. Ajarkan Anak Belajar Dari Kesalahan

belajar anak
sumber gambar: freepik

Tidak selamanya kesalahan menjadi hal yang fatal untuk dilakukan. Dibalik itu, kesalahan juga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak. 

Sebagai orang tua, penting untuk mendorong mereka untuk mencoba lagi dan mengatasi tantangan dengan ketekunan. Serta meminimalisir kesalahan yang diperbuat sebelumnya.

Dengan menerapkan kebiasaan di atas, orang tua dapat mengembangkah sikap positif pada anak khususnya dalam pendidikan. 

Yuk coba terapkan tips baik ini, serta penuhi kebutuhan anak mulai dari penuhi kebutuhan nutrisi mereka agar tumbuh aktif dan berkembang ke arah yang lebih baik.

belajar anak
Periode promo berlangsung dari 24 Mei – 06 Juni 2023

Penuhi Kebutuhan Nutrisi si Kecil untuk Tumbuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here