belajar
sumber gambar: freepik/jcomp

Mengajarkan metode belajar yang menyenangkan sedari dini pada anak maupun siswa akan sangat penting untuk perkembangan belajar mereka.


Meskipun proses belajar pada setiap anak pasti berbeda-beda, tergantung dari kemampuan setiap anak. Metode yang menyenangkan diperlukan untuk membuat anak lebih tertarik.

Hal ini berlaku khususnya untuk anak-anak di tingkat dasar, seperti PAUD, TK, ataupun Sekolah Dasar. Karena memerlukan suasana yang menyenangkan tapi tetap edukatif dalam pembelajarannya.

Melalui halaman ayoberbagi.kemdikbud.go.id konsep pembelajaran yang menyenangkan,  merupakan suasana belajar mengajar yang dapat memusatkan perhatian anak secara penuh saat belajar sehingga curah waktu perhatiannya (time on task) tinggi. 

Suasana pembelajaran yang menyenangkan ini, akan menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Guru maupun Orang tua, dalam menciptakan suasana yang berkesan dan menyenangkan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Sapaan Hangat dan Raut Wajah Cerah

belajar
sumber gambar: freepik

Sama seperti kita orang dewasa yang senang disapa, menyapa anak atau siswa dengan sapaan hangat dan raut wajah yang cerah. Tentunya akan memantulkan energi positif, yang dapat membuat suasana menjadi lebih rileks dan bersemangat.

Hal ini akan membuat anak menjadi termotivasi untuk mempelajari lebih banyak hal, karena suasana yang menyenangkan.

2. Menciptakan Suasana Rileks

belajar
sumber gambar: freepik/Wiroj Sidhisoradej

Untuk menciptakan suasana yang lebih rileks, bisa dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang nyaman. Salah satu caranya, dengan mengatur posisi tempat duduk atau ruang belajar secara berkala sesuai keinginan siswa atau anak.

Ciptakan juga suasana dimana, anak atau peserta didik tidak takut untuk melakukan kesalahan selama proses pembelajaran.

Baca Juga: Cara Ajarkan Berhitung Cepat Untuk Anak Usia Dini

3. Memotivasi Siswa atau Anak

belajar
sumber gambar: freepik/jcomp

Selain teori pembelajaran yang diajarkan, memotivasi siswa atau anak diperlukan dan akan berpengaruh pada proses pembelajaran. Motivasi ini sangat dikaitkan dengan dorongan, perhatian, kecemasan, dan umpan balik/penguatan.

Tentunya beberapa cara tadi bisa diterapkan, tergantung dengan kondisi dan kemampuan baik dari siswa, pengajar, maupun orang tua. Tetapi sebisa mungkin, saat belajar ciptakan suasana yang menyenangkan dan tetap terarah ya sobat.

Belajar Jadi Lebih Lengkap, Alat Tulis Tersedia Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here