tips sehat penyandang diabetes
sumber gambar: freepik/spukkato

Tapi tahu gak sih? Dibalik rasanya yang enak dari minuman manis, jika dikonsumsi secara berlebih bisa berdampak negatif bagi tubuh. Khususnya bagi kamu penyandang diabetes, meskipun sulit untuk dijalani agar tetap sehat.

Penyandang diabetes dapat bisa hidup normal dan sehat, salah satu caranya dengan mengontrol kadar gula darah dalam batas normal. Ada beberapa tips sehat penyandang diabetes agar tetap nyaman dan aman yang bisa kamu terapkan sobat.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

tips sehat penyandang diabetes
sumber gambar: freepik

Kunci pertama untuk tahu mengenai kondisi tubuh mu, adalah melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas. 

Karena penting untuk peduli dengan kesehatanmu, khususnya bagi kaum penyandang diabetes atau bagi kamu yang memiliki gejala, karena jika tidak dideteksi secara dini akan dapat menyebar dan berbahaya bagi organ tubuh lainnya dan menimbulkan penyakit komplikasi.

Mengonsumsi Makanan Gizi Seimbang

tips sehat penyandang diabetes
sumber gambar: freepik

Selalu mengonsumsi makanan dengan pola gizi seimbang, menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan bagi kamu penyandang diabetes ataupun tidak. Agar seimbang, kamu bisa menggunakan prinsip piring makan model T sebagai makanan utama dan tidak lupa imbangi konsumsi buah-buahan untuk makanan selingan.

Bagi kamu yang belum tahu, prinsip piring makan model T ini terdiri dari kelompok sayuran, karbohidrat, dan protein. Serta pengolahan sayuran, karbohidrat, dan protein tadi tidak menggunakan gula, garam, ataupun lemak berlebih.

Membatasi Beberapa Makanan 

Sama halnya seperti di atas, selain mengonsumsi makanan gizi seimbang. Bagi penyandang diabetes, perlu adanya membatasi beberapa jenis makanan yang meliputi beberapa hal ini.

  • Mengandung Banyak Gula Sederhana

Contoh makanannya seperti gula pasir, gula Jawa/gula aren/gula merah, sirup, minuman ringan, minuman kemasan, kue-kue manis, krimer kental manis, dan lain sebagainya.

  • Mengandung Banyak Lemak

Contoh makanannya diantaranya semua jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng ataupun makanan cepat saji.

  • Mengandung Banyak Natrium

Contoh makanannya seperti ikan asin, telur asin, dan makanan yang diawetkan.

Membatasi asupan-asupan makanan ataupun minuman di atas, akan berdampak baik dalam menjaga kesehatanmu khususnya bagi kamu penyandang diabetes.

Melakukan Aktivitas Fisik

tips sehat penyandang diabetes
sumber gambar: freepik/garakta_studio

Bagi penyandang diabetes melakukan aktivitas secara fisik adalah sebuah keharusan. Kegiatan fisik ini dilakukan, untuk membantu kadar gula dalam darah keluar dan darah mampu kembali memproduksi insulin. 

Tidak sembarangan, sebelum memulai olahraga kamu harus memastikan kadar gula darah dalam keadaan ideal. Pastikan kamu melakukan cek gula darah terlebih dahulu agar lebih aman.

Nah, selain beberapa tips sehat penyandang diabetes di atas, melakukan pengobatan secara intensif juga perlu dilakukan. Tujuan pengobatan ini, jelas untuk membuat gula darah mendekati normal atau bahkan menjadi normal.

Jangan bosan menjaga kesehatan ya sobat! Ingat bahwa menjaga kesehatan adalah investasi jangka panjang yang jika bisa dilakukan sedari dini, untuk menghindari resiko di kemudian hari.

Sumber: p2ptm/kemkes.go.id/p2ptm/kemkes.go.id

Mulai Pola Hidup yang Lebih Baik, Belanja Kebutuhan Di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here