sikat gigi anak
Sumber gambar : freepik/prostooleh

Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu aspek penting yang harus  dijaga. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak. Idealnya, anak-anak harus dibiasakan gosok gigi 2 kali sehari. Pertama di pagi hari sesudah sarapan dan malam sebelum tidur.

Mengajarkan anak-anak untuk selalu menjaga kesehatan gigi memang gampang-gampang susah. Anak-anak kerap kali menolak ketika disuruh menggosok gigi karena malas. Nah ayo simak tips ajarkan anak menggosok gigi sejak dini berikut ini.

Ajak Anak Memilih Sikat Gigi dan Pasta Giginya Sendiri

sikat gigi anak
Sumber gambar : freepik/bluefish_ds

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih peralatan menggosok gigi yang tepat bagi anak. Pilih sikat gigi anak yang lembut dan berjarak/renggang. Pasta gigi anak juga bedakan dengan pasta gigi orang dewasa.

Ajak si kecil ketika memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri supaya anak lebih termotivasi untuk menyikat gigi. Terlebih bentuk dan warna sikat gigi yang lucu pasti membuat anak lebih suka.

Gosok Gigi Bersama Orang Tua

sikat gigi anak
Sumber gambar : freepik

Selain mengajak anak gosok gigi, ada baiknya orang tua juga menggosok gigi bersama-sama. Hal ini akan memberikan contoh yang baik pada anak bahwa orang tuanya juga rajin menggosok gigi.

Gosok Gigi di Depan Cermin

sikat gigi anak
Sumber gambar : freepik/gpointstudio

Gunakan cermin saat mengajari anak menggosok gigi supaya anak bisa langsung mempraktikkannya secara langsung. Selain itu orang tua juga bisa lebih jelas dalam mengoreksi gerakan menggosok gigi si kecil.

Buat Suasana Gosok Gigi Menyenangkan

Supaya si kecil lebih senang menggosok gigi bisa diselingi cerita-cerita yang menyenangkan supaya anak lebih bersemangat. Bisa juga sembari mendengarkan musik kesukaan si kecil.

Beri Pujian Pada Anak

sikat gigi anak
Sumber gambar : freepik/prostooleh

Anak menyukai pujian atas usaha yang telah dilakukannya, sehingga ketika anak selesai menggosok gigi, berikan pujian tentang giginya yang bersih. Pujian tidak hanya berupa kata-kata tetapi bisa juga sesekali beri pelukan atau hadiah kepada anak. Hal ini akan semakin mendorong anak untuk terus menjaga kebiasaannya menggosok gigi.

Nah, gimana, sudah nggak bingung lagi, kan, cara mengajarkan anak sikat gigi dengan rajin? Sekarang waktunya melengkapi peralatan sikat gigi si kecil agar buah hati semakin semangat menggosok giginya. Yuk, langsung aja intip penawaran spesial di Klik Indomaret. Pilihannya lengkap, banyak diskon, dan gratis ongkir pastinya.

Beli Peralatan Sikat Gigi Anak di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here