Popok Kain dan Popok Sekali Pakai
Sumber gambar : freepik/atlascompany

Popok clodi (cloth diaper) atau popok kain kini sedang naik daun kembali. Popok ini hadir menjawab permasalahan orang tua yang mengeluh mengenai harga popok sekali pakai yang cukup mahal dan tidak ramah lingkungan.

Popok clodi hadir memberikan kelebihan yang tidak dimiliki popok sekali pakai. Meski begitu masih banyak orang tua yang tetap bertahan dengan penggunaan popok sekali pakai. Nah ayo simak perbedaan selengkapnya berikut ini.

Popok Clodi Lebih Ramah Lingkungan

Popok Kain dan Popok Sekali Pakai
Sumber gambar : freepik/atlascompany

Popok clodi atau cloth diapers merupakan versi modern dari popok kain. Bentuknya menyerupai diapers dengan bahan selembut popok kain. Popok clodi terdiri dari dua bagian, yakni insert (bagian dalam yang tebal seperti handuk) dan outer (bagian luar yang kedap air atau waterproof).

Bagian outer ini biasanya diberi warna atau motif yang menarik dipakai bayi. Popok Clodi memiliki sejumlah kancing untuk merekatkannya. Kancing tersebut dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi.

Keunggulan dan Kekurangan Popok Clodi

Popok clodi dapat menampung cairan yang relative sama dengan popok lain. Harganya juga tidak murah untuk satu item popok clodi, tetapi popok clodi dapat digunakan berulang sehingga tetap hemat. Namun untuk

Di sisi lain, daya serap popok biasa dinilai lebih baik ketimbang clodi. Sebab, popok biasa mengandung gel peresap yang dapat menjaga permukaan popok dan kulit bayi tetap kering, sehingga tetap nyaman dipakai.

Khusus bunda yang memiliki mobilitas tinggi, penggunaan popok biasa juga lebih memudahkan dan lebih ringkas. Sebab, sifatnya sekali pakai dan tidak perlu repot-repot mencucinya. Namun sayangnya, penambahan pewangi dan pewarna terkadang rentan membuat si kecil terkena alergi kulit.

Pilih Sesuai dengan Kondisi

Popok Kain dan Popok Sekali Pakai
Sumber gambar : freepik/senivpetro

Sebenarnya penggunaan clodi dan popok biasanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sehingga, sulit untuk menentukan mana yang lebih baik dari keduanya. Biasanya pemilihannya bergantung dari kondisi bayi serta keluarganya.

Apabila setelah memakai popok clodi ruam di kulit si kecil lebih berkurang, ingin lebih hemat, dan punya waktu yang cukup untuk mencuci, maka popok clodi bisa jadi pilihan.

Tapi jika bunda dan keluarga sering bepergian dan tidak memiliki waktu yang ekstra untuk mencuci dan mengeringkan popok clodi, maka popok sekali pakai bisa jadi solusinya. Popok sekali pakai juga bisa lebih hemat di Klik Indomaret loh. Banyak promo setiap hari, dan gratis ongkir juga.

Popok Kain dan Popok Sekali Pakai
Periode promo hingga 7 Agustus 2022

Beli Popok dan Perlengkapan Si Kecil di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here