Menjadi orang tua dan memiliki anak merupakan tanggung jawab besar, tidak hanya tanggung jawab sebulan atau dua bulan saja melainkan seumur hidup. Membesarkan buah hati dengan sepenuh kasih dan memberikan pengajaran tentang perilaku yang baik adalah tugas yang perlu diemban oleh orang tua.

Mengajarkan anak untuk berperilaku yang baik tidaklah mudah, oleh karena itu akan lebih baik jika mengajarkannya sejak dini supaya anak lebih mudah mengerti. Nah ini lima perbuatan baik yang bisa kita ajarkan ke anak dan manfaatnya untuk mereka.

Bersikap Toleransi

Menumbuhkan sikap toleransi pada anak sedari dini akan berdampak baik bagi kehidupan mereka kedepannya. Hal ini agar mereka, dapat berbaur dengan sesama tanpa membeda-bedakan ras, suku maupun agama yang dianut.

Berbagi Pada Sesama

Bersikap baik dan berbagi kepada sesama adalah contoh perbuatan baik lainnya yang bisa kita sebagai orang tua contohkan kepada anak. Berbagi dalam hal-hal kecil seperti meminjamkan barang kepunyaan yang sekiranya bisa dipinjamkan.

Bisa juga berupa memberikan materi, barang-barang yang masih layak pakai dan tidak dibutuhkan dapat diberikan ke orang yang lebih membutuhkan

Mengucapkan Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Tiga kata yang bisa dikatakan ajaib karena memiliki makna yang begitu kuat dalam kehidupan kita sehari-hari. Mengajarkan anak sedari dini untuk mengucapkan ketiga kata ini kepada orang lain agar menumbuhkan sikap dan pribadi yang baik pada anak.

Tidak hanya sembarangan diucapkan sebagai orang tua, kita juga perlu menjelaskan arti dan makna ketiga kata ini pada anak agar mereka dapat memahaminya dengan baik kapan harus mengucapkan kata tersebut.

Bersikap Sopan

Mengajarkan sikap sopan terhadap sesama terutama kepada orang yang lebih tua kepada anak akan menjadikan mereka sebagai orang yang santun. Sopan kepada sesama tidak hanya berdasarkan tingkatan usia saja, melainkan kepada siapapun tanpa memperhatikan status jabatan dan lainnya.

Menyayangi Makhluk Hidup Lain

Seperti yang kita tahu sebagai manusia kita tidak hanya hidup sendiri di dunia ini, melainkan ada berbagai makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan yang sama-sama menghuni bumi. Mengajarkan rasa sayang terhadap makhluk hidup lain kepada anak akan menunjukan sikap penyayang dan lembut pada mereka.

Itu dia beberapa perbuatan baik yang kita sebagai orang tua, kayak, keluarga atau sebagai saudara kepada anak-anak. Mengajarkan kebaikan sedari dini, akan menjadikan mereka tumbuh dengan baik dan menghormati sesama.

Jangan lupa sesekali berikan anak apresiasi akan kebaikan yang sudah mereka lakukan. Seperti memberikan mainan sebagai hadiah atas hal yang sudah mereka lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here