woman hand holdging box garbage for recycle

Sobat pasti pernah lihat tempat sampah dengan gambar dan keterangan di masing-masing tempatnya bukan? Maka, kalian perlu tahu mengenai berbagai perbedaannya, hal ini dikarenakan tidak semua jenis sampah memiliki persamaan sehingga harus dibuang pada tempat yang berbeda. 

Tergantung dari cara pengolahannya apakah sampah tersebut dapat didaur ulang (diolah kembali) atau justru dimusnahkan. 

Nah biar lebih sadar akan kelestarian lingkungan, sobat perlu kenali jenis sampah dan perbedaannya agar dapat mengolah sampah dengan benar sehingga lingkungan tetap terjaga. Lihat selengkapnya di bawah ini ya.

Sampah Organik

Sumber gambar : freepik

Keterangan jenis sampah yang satu ini memang sering dijumpai di banyak tempat sampah. Istilah yang umum dan lumayan dikenal oleh masyarakat luas, seperti namanya jenis sampah organik memiliki sifat organik yang berarti tidak bertahan lama dan mudah busuk.

Biasanya sampah organik ini berasal dari makhluk hidup yang meliputi tumbuhan seperti sayur buah, buah-buahan, sisa bahan makanan hewani. 

Keuntungan lain dari sampah organik ini adalah karena sifatnya yang mudah busuk sehingga mudah terurai mikroorganisme. Namun, kekurangannya adalah bau busuk yang dihasilkan dari sampah tersebut.

Sampah organik ini juga kerap disebut sebagai sampah basah (organik) biasanya pada tempat sampah akan ditandai dengan gambar sisa makanan seperti buah atau tulang dll.

Sampah Anorganik

Sumber gambar : freepik/kwangmoop

Jenis lain dari sampah adalah sampah anorganik, kebalikan dari jenis sampah organik sampah yang satu ini berarti terdiri dari sampah yang sulit busuk, mengurai ataupun merupakan jenis yang tahan lama.

Sampah anorganik ini meliputi sampah plastik, botol, kaca, karet, kaleng, besi, logam dan lain sebagainya. Sampah anorganik ini tidak bisa kamu buang secara sembarang, apalagi ke tanah karena dapat berakibat pada pencemaran di tanah, laut maupun tempat lainnya.

Sampah anorganik ini seringkali disebut juga dengan sampah padat, pada dasarnya dapat diolah kembali di rumah secara mudah. Misalnya botol atau kaleng yang dijadikan pot, tempat penyimpanan, dan barang berguna lainnya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tas ramah lingkungan ketika berbelanja untuk mengurangi limbah plastik.

Sumber gambar : Klik Indomaret

Nah sobat kedua jenis sampah tersebut sudah kamu ketahui bukan? Tentunya setelah tahu mengenai jenis dan perbedaannya, kita diharapkan untuk lebih bijak dalam membuang sampah agar lingkungan tetap terjaga kebersihan dan keasriannya.

Kalau menurut kalian ada berapa jenis sampah lagi yang perlu kita tahu? Bagikan juga informasi ke orang terdekat ya agar mereka bisa mengetahui juga. Jangan lupa untuk selalu memilah sampah sesuai dengan kategorinya sembari membersihkan rumah ya!

Sumber informasi: disperkim.bulelengkab.go.id

Periode promo 02 – 08 Februari 2022

Belanja di Klik Indomaret Aja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here