Sumber gambar : freepik/ duskisaad

Baru-baru ini sedang viral dengan permainan latto latto dikalangan anak-anak. Namun nggak cuma dimainkan anak-anak tetapi ada juga remaja hingga orang dewasa. Latto latto merupakan permainan zaman dulu yang kembali dikenal dan menjadi viral di media sosial.

Nah sebenarnya apa sih latto latto, dari mana asalnya, dan bagaimana cara bermainnya. Ayo baca selengkapnya disini.

Sekilas Mengenai Latto latto

Latto-latto sendiri merupakan permainan yang menggunakan dua bola yang diikat dengan sebuah tali dan ditengah tali memiliki cincin. Permainan ini ternyata sudah ada sejak tahun 1960-1970 di Amerika Serikat dan mulai terkenal ke berbagai negara. Awalnya latto latto menggunakan bola dengan material kaca. Namun kerap kali serpihan dari kaca saat dimainkan dapat membahayakan oleh karena itu saat ini diganti dengan material plastik polimer. Meskipun materialnya sudah diganti tetapi suara yang ditimbulkan juga tetap berisik loh.

Nama Latto latto

Ternyata di Indonesia sendiri, latto latto sudah dikenal cukup lama. Bahkan di tiap daerah memiliki namanya tersendiri yaitu ‘etek etek’, ‘nok nok’, ‘toki toki’, ‘tek tek’, hingga ‘lato lato’ kini yang dikenal masyarakat Indonesia.

Nama latto latto ini berasal dari bahasa Bugis yaitu ‘kajao kajao’ yang artinya adalah nenek-nenek. Lalu mulai berganti jadi ‘kato kato’ dan kembali disebut menjadi ‘lato lato’ saat ini. Namun di tempat asal permainan ini, Amerika Serikat dikenal dengan nama clackers, click clacks, knockers, ker bangers, dan clanckers.

Cara Bermain

Setelah ramai diperbincangkan di media sosial, kini latto latto kembali viral dimainkan berbagai kalangan. Bahkan Presiden Jokowi juga sempat memaikan latto latto sat berkunjung di Subang, Jawa Barat.

Namun, cukup banyak orang yang kesulitan bermain latto latto. Nah sebelum mainkannya Sobat pastikan kedua bola berada di posisi yang sama dan seimbang. Jepit bagian tengah tali yang menyerupai cincin diantara jari tengah dan telunjuk. Kemudian ayunkan tagan hingga kedua bola saling bertabrakan di atas dan dibawah tangan.

Tidak hanya dimainkan seperti biasa, permainan ini juga bisa mainkan sambil bergaya seperti yang sedang viral di media sosial. Mulai dari bergaya jongkong sambil tetap menjaga keseimbangan latto latto hingga ada yang memainkannya sambil tiduran.

Nah itu tadi seputar latto latto, permainan yang sedang viral diperbincangkan di media sosial saat ini. Bagaimana, tertarik untuk memainkannya? Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat memainkannya karena dapat melukai tangan. Namun jika tangan sudah terluka jangan lupa langsung mengobatinya. Selalu stok obat-obatan untuk pertolongan pertama saat luka di rumah. Belinya di Klik Indomaret aja, gratis ongkir, banyak diskon, dan satu jam sudah sampai depan rumah loh.

Belanja Obat-obatan Luka di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here