jenis jamu tradisional
sumber gambar: freepik/rostovtsevayu

Jenis jamu tradisional ada banyak sekali, diikuti dengan berbagai khasiatnya. Jamu tidak terlepas dari histori panjang masyarakat Indonesia yang dahulu kerap hingga saat ini masih mengandalkan pengobatan tradisional dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kamu yang sudah terbiasa dan suka minum jamu, pasti tidak asing dengan beberapa jenis jamu tradisional yang sering dijual oleh penjual jamu berikut ini.

Beras Kencur

Siapa yang tak kenal dengan jenis jamu yang satu ini? Seperti namanya jamu beras kencur ini terdiri dari campuran kencur, jahe, beras putih, air asam jawa, kunyit, gula jawa dan lainnya menambah cita rasa dari beras kencur ini.

Rasanya yang tidak terlalu pahit, membuat jamu beras kencur ini disukai semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kunyit Asem 

Sesuai dengan namanya jamu yang satu ini terbuat dari bahan utama kunyit. Dicampur dengan bahan campuran lain, seperti kunyit, asam Jawa, gula aren, garam dan bahan tambahan lainnya. 

Jamu ini bisa disajikan panas maupun dingin, sebelum diminum bahan-bahan yang sudah dihaluskan biasanya akan disaring terlebih dahulu.

Jamu Gepyokan

Jamu yang satu ini umumnya dikonsumsi oleh Ibu menyusui, karena dipercaya memiliki khasiat memperlancar produksi ASI. Sama seperti jenis jamu lainnya, Jamu Gepyokan terdiri dari isian bahan-bahan alami seperti kunyit, jahe, garam, gula pasir, gula aren dan campuran bahan lainnya.

Jamu Pahitan

Jenis jamu yang satu ini yaitu jamu pahitan, terkenal akan rasa pahitnya ini dipercaya punya beragam khasiat, khususnya untuk kecantikan misalnya seperti menghilangkan bau badan, mengatasi jerawat dan menghilangkan gata-gatal pada kulit.  

Jamu Temulawak

Terakhir namun punya banyak khasiat sama seperti jamu lainnya, jamu temulawak dipercaya dapat menyembuhkan beberapa masalah tubuh seperti kurang nafsu makan, gangguan lambung, radang sendi dan lain sebagainya.

Perlu diketahui meski memiliki banyak manfaat, mengkonsumsi jamu juga perlu takaran yang disesuaikan dengan masing-masing orang. Karena jika berlebihan, bisa saja menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Yuk minum jamu dengan takaran yang tepat sesuai kebutuhan agar tubuh tetap sehat di tengah musim yang tidak menentu.

Ayo Tingkatkan Imun Tubuh 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here