Film Nasionalisme
sumber gambar: freepik/inkdrop

Film Nasionalisme bisa menjadi salah satu cara mengenang perjuangan dan sejarah panjang bangsa kita. Tidak hanya itu beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah mengabadikan histori sejarah melalui museum atau media lain, seperti karya seni berupa lukisan ataupun buku sejarah.

Tidak hanya itu, film juga menjadi salah satu media untuk mengenang sejarah atau tokoh penting suatu negara. Nah untuk memperingati Kemerdekaan di bulan Agustus ini, berikut beberapa rekomendasi film Nasionalis yang bisa sobat tonton.

Merah Putih

Film bertema Nasionalisme yang pertama adalah Merah Putih, digarap oleh sutradara Yadi Sugandi ini dibuat menjadi rangkaian film “Trilogi Merdeka” film yang berkisah tentang perjuangan para kadet melawan tentara Belanda di masa kolonial Belanda pada tahun 1947.

Kartini

Film bertema nasionalisme selanjutnya, terinspirasi dari perjuangan R.A Kartini dalam memajukan hak Perempuan pada masa itu. Film Kartini, dirilis pada 2017 dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo mengangkat isu perjuangan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan pada perempuan.

Baca Juga: Museum-Museum Bersejarah Di Penjuru Indonesia

Jenderal Soedirman

Film biopik Indonesia yang dirilis tahun 2015 dan digarap oleh sutradara Viva Westi ini berkisah tentang Jenderal Soedirman, di tengah penyakit yang menyerangnya beliau tetap memimpin perang Gerilya untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

3 Srikandi

Film arahan sutradara Iman Brotoseno yang dirilis pada 2016 ini, berkisah mengenai kisah tiga atlet panahan Indonesia yang mendapat medali perak pada Olimpiade Seoul 1998. Perjuangan mereka dalam meraih medali olimpiade tertuang dalam film yang menarik untuk ditonton ini.

Beberapa film bertema Nasionalisme diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya film, buku ataupun karya lainnya yang mencatat perjuangan bangsa kita.

Berminat menonton film-film diatas? Jangan lupa untuk menonton di situs streaming film yang legal yang sobat, tujuannya agar pengalaman menonton menjadi lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here