candi bersejarah
Sumber gambar : freepik/user19273388

Tidak ada habisnya jika membicarakan keindahan alam dan budaya di Indonesia. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah, mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Indonesia contohnya seperti candi-candi yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara.

Nah sobat, buat kamu yang berencana eksplorasi dan berkeliling Indonesia. Bisa banget menambah wawasan dan memanjakan mata dengan mengunjungi beberapa candi bersejarah di Indonesia berikut ini.

Candi Borobudur

candi bersejarah
Sumber gambar : freepik

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur yang bersejarah di Indonesia. Candi Buddha yang terletak di kabupaten Magelang ini, menjadi salah satu situs peninggalan terkenal di dunia. Relief candi yang unik dan indah, mampu memanjakan mata saat kamu berkunjung ke sana. 

Candi Prambanan

candi bersejarah
Sumber gambar : freepik/svstrelkov

Pernah mendengar kisah Roro Jonggrang? Jika kamu tertarik dengan kisahnya, kamu pasti juga tertarik untuk mengunjungi komplek Candi Prambanan atau disebut juga Candi Roro Jonggrang. 

Kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia ini, terletak di kabupaten Sleman Yogyakarta. Kamu bisa mengunjunginya, untuk tahu mengenai sejarah kerajaan Hindu di Indonesia.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus yang terletak di provinsi Riau ini, merupakan candi Buddha peninggalan kerajaan Sriwijaya. Candi Muara Takus punya keunikan dan daya tarik sendiri, dimana bangunan terdiri dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. 

Sebagian besar candinya, terdiri dari batu bata sehingga menjadikan bangunan candi ini memiliki tampilan unik dan indah.

Candi Dieng

candi bersejarah
Sumber gambar : freepik/vichie81

Merupakan kompleks Candi Hindu yang terletak di kawasan kaki pegunungan Dieng Wonosobo, Jawa Tengah Candi Dieng memiliki keindahan yang memanjakan mata saat berkunjung ke sana. 

Di kompleks Candi Dieng terdapat delapan bangunan Candi, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, Candi Dwarawati, Candi Bima dan terakhir Candi Gatotkaca. 

Sobat sudah pernah berkunjung ke beberapa candi di atas? Atau ada yang punya rencana untuk berkunjung? Jangan lupa untuk mematuhi peraturan yang ada di kawasan sekitar Candi ya sobat, karena bangunan bersejarah perlu kita lindungi dengan baik.

Tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan tindakan tidak baik adalah salah satu bentuk tanggung jawab kita saat mengunjungi tempat-tempat bersejarah ini.

candi bersejarah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here