Sumber gambar : freepik

Kamu sering gatal-gatal, kulit kemerahan, hingga iritasi? Bisa jadi ada tungau yang bersarang di kasur, sofa, atau pakaianmu. Serangga kecil ini senang hinggap di permukaan kain lembut, biasanya di atas kasur. Karena ukurannya yang kecil, kita tidak bisa melihatnya dengan jelas.

Jika disapu pun, tungau bisa berterbangan di udara. Untuk itulah, kita perlu membasmi tungau di rumah. Ayo simak cara efektif membasmi tungau berikut ini.

Cuci Seprei Secara Rutin

Sumber gambar : freepik

Cuci seprei secara rutin minimal seminggu sekali supaya mencegah tungau berkembang biak. Gunakan air panas supaya tungau langsung mati dan tidak menempel pada seprei.

Gunakan Sarung Bantal

Sumber gambar : freepik

Gunakan sarung bantal supaya tungau tidak masuk kedalam serat bantal dan berkembang biak di sana. Namun, ganti dan bersihkan sarung bantal secara rutin minimal seminggu sekali.

Bersihkan Kasur Secara Rutin

Sumber gambar : freepik/bondvit90

Tidak banyak mencuci dan mengganti seprei dan sarung bantal seminggu sekali, tetapi bersihkan juga kasur secara rutin juga. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kasur secara menyeluruh atau bisa juga jemur dibawah sinar matahari.

Rutin Bersihkan Karpet dan Gorden

Sumber gambar : freepik/vh-studio

Selain kasur, tungau juga sering bersarang di gorden dan karpet rumah. Oleh karena itu bersihkan secara rutin, untuk gorden setidaknya bersihkan 2-3 bulan sekali, dan untuk karpet bisa bersihkan seminggu sekali dengan vacuum cleaner.

Jaga Kelembapan Ruangan

Sumber gambar : freepik/pvproductions

Tungau menyukai tempat yang lembab, oleh karena itu jaga kelembapan ruangan supaya tidak jadi sarang tungau. Kurangi tingkat kelembapan udara dengan membuka jendela saat siang hari. Selain itu bisa juga gunakan dehumidifier untuk mengatur kelembapan udara di rumah.

Gunakan Air Purifier

Sumber gambar : freepik/user23931171

Air purifier bisa membantu membersihkan udara kotor, dari debu, bakteri, hingga partikel udara yang berukuran 0,3 mikron, di dalam ruangan. Namun, pastikan untuk membersihkan filter air purifier secara rutin agar bisa bekerja dengan maksimal.

Gunakan Pembasmi Serangga

Sumber gambar : freepik/jcomp

Semprotan pembasmi serangga juga bisa membasmi tungau di rumah. Semprotkan ke permukaan kasur, gorden, hingga karpet supaya tungau, bakteri, dan serangga lainnya mati. Tetapi pilihlah yang aman untuk kesehatan pernapasan keluarga.

Itu dia beberapa tips membasmi tungau di rumah yang bisa Sobat coba. Jangan lupa untuk belanja alat kebersihan rumah tangga di Klik Indomaret ya.

Belanja Produk Kebersihan Rumah Tangga di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here