portrait of happy muslim family with children reading quran and pray together at home

Indonesia dikenal dengan populasi umat Muslim yang di besar. Jadi tidak heran jika menjelang bulan Ramadan terdapat tradisi tertentu untuk menyambut bulan Ramadan.


Tradisi menyambut bulan suci Ramadan ini, umumnya sudah dilakukan secara turun-temurun di berbagai daerah. Tujuannya tentu saja untuk menyambut Bulan suci yang penuh keberkahan.

Dengan harapan agar Ibadah Puasa yang dijalankan berjalan dengan baik dan penuh berkah. Berikut beberapa tradisi menyambut bulan Ramadan yang sudah ada dan dilakukan secara turun-temurun di berbagai daerah Indonesia.

Apeman

Tradisi pertama berasal dari kota pelajar yakni Yogyakarta, tradisi Apeman dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta menjelang datangnya bulan Ramadan.

Inti dari tradisi ini ditandai dengan cara membuat kue apem, yang dilakukan secara tradisional oleh anggota keluarga Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Munggahan

Selanjutnya tradisi yang berasal dari Jawa Barat, tradisi yang satu ini juga dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan Ramadan. Munggahan dilakukan dengan berkumpul bersama keluarga dan orang terdekat.

Tradisi Munggahan ini umumnya dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti acara makan bersama, saling bermaaf-maafan, dan berdoa bersama. 

Baca Juga: 4 Tips Buka Puasa di Hari Pertama Supaya Tetap Sehat

Nyorog

Soal tradisi orang Betawi juga punya, nama tradisi ini adalah Nyorog. Dimana, tradisi ini dilakukan dengan membagikan bingkisan makanan kepada sanak keluarga.

Khususnya kepada anggota keluarga yang lebih tua atau dituakan. Tujuan dari tradisi Nyorog dalam menyambut bulan Ramadan ini tentu saja baik, yaitu mempererat tali persaudaraan antar keluarga.

Balimau

Bergeser ke Sumatera Barat juga terdapat tradisi menyambut bulan Ramadan. Tradisi ini dikenal dengan nama Balimau, Pelaksanaan tradisi ini dilakukan dengan cara mandi bersama di sungai atau kali.

Inti dari pelaksanaan tradisi ini adalah untuk menyucikan diri dari segala dosa dan perbuatan buruk, sebelum nantinya menjalankan Ibadah Puasa.

Meugang

Daerah Aceh juga punya tradisi menjelang Ramadan yang dinamakan Meugang. Dimana tradisi ini dilakukan dengan menyembelih daging kurban dan memasaknya untuk dinikmati bersama-sama.

Nah sobat tidak hanya beberapa tradisi menjelang bulan Ramadan tadi. Sebagai negara yang luas, daerah lain di Indonesia pastinya juga punya tradisi lainnya.

Kira-kira ada tradisi menjelang Ramadan apa di daerahmu? Selain melakukan tradisi-tradisi yang ada, yuk persiapkan Ramadan dengan diri yang lebih baik agar ibadah puasa berjalan dengan lancar.

tradisi menyambut bulan ramadan
Promo berlangsung dari 24 Maret – 31 Maret 2023

Lengkapi Kebutuhan Menjelang Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here