Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas
Sumber gambar : Freepik/dragonimages

Makan banyak sayuran selain lezat tetapi juga menyehatkan untuk tubuh. Sayuran selain sumber serat, tetapi juga sumber vitamin, zat besi dan mineral yang baik bagi tubuh.

Olahan sayur juga beragam sehingga tidak bosan jika dikonsumsi setiap hari. Namun, tahukah sobat jika cara menyimpan sayur tidak boleh sembarangan supaya kandungan vitamin dan gizinya tetap terjaga.

Setiap jenis sayur memiliki cara penyimpanannya sendiri. Tidak dianjurkan untuk mencampur semua jenis sayuran dalam satu tempat. Hal ini dapat menyebabkan sayuran layu, menguning dan cepat membusuk. Oleh karena itu, berikut cara menyimpan sayur yang baik supaya tidak mudah busuk dan awet.

Beli Sayur Yang Berkualitas

Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas
Sumber gambar : Freepik/Dragana_Gordic

Pilih sayuran dengan kualitas baik jika akan disimpan di lemari pendingin. Pasti sayur yang akan disimpan pada kulkas ini masih dalam kondisi segar supaya lebih tahan lama.

Jangan Mencuci Sayur

Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas
Sumber gambar : Freepik/senivpetro

Mencuci sayur sebelum menyimpan di dalam lemari pendingin ternyata justru membuatnya lembab dan mudah busuk. Sebaiknya mencuci sayur saat sebelum diolah saja.

Jika untuk disimpan, cukup bersihkan bagian-bagian yang kotor dan buang bagian sayur yang layu. Tetapi pastikan saat menyimpannya dalam keadaan kering.

Buang Batang Sayur

Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas
Sumber gambar : Freepik/Racool_studio

Sayuran yang memiliki batang pastikan untuk memotong batangnya terlebih dahulu sebelum disimpan. Hal ini dikarenakan daun perlu mengeluarkan uap saat disimpan di kulkas dan batang sayur bisa menghambat keluarnya uang sehingga sayur cepat membusuk.

Bungkus sayur dengan kertas

Cara simpan sayuran supaya awet dan tahan lama yaitu dengan membungkusnya dengan kertas. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, hingga sawi bisa membungkusnya dengan kertas atau Koran sebelum disimpan. Fungsi kertas ini bisa menyerap air yang ada pada sayuran sehingga membuat sayur tetap kering dan tidak mudah busuk.

Cek Suhu Kulkas

Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas
Sumber gambar : Freepik/yanalya

Suhu yang benar untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas yaitu 1 sampai 4 derajat celcius. Jika mengatur suhu lebih dari itu bisa menyebabkan timbulnya bakteri sampai aroma dan rasa makanan bisa berubah. Sementara jika suhunya sangat rendah pun dapat menjadikan sayur tidak segar dan membeku. Dan pastikan juga untuk rutin membersihkan lemari es supaya bersih dari bakteri dan kotoran.

Itu tadi beberapa tips supaya sayuran lebih awet dan tetap segar. Pastikan sobat memilih sayuran yang berkualitas sebab bisa mempengaruhi umur simpannya dalam kulkas. Untuk mendapatkan sayuran yang berkualitas, maka kamu dapat membelinya di Klik Indomaret yang menyediakan jasa belanja kebutuhan sehari-hari secara online.

Tips Cara Simpan Sayur di Kulkas

Beli Sayuran Segar di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here