5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/senivpetro

Masa kanak-kanak atau remaja adalah masa keemasan dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh karena itu perlu adanya dukungan asupan nutrisi tinggi untuk mencetak generasi yang sehat dan cerdas. Nah, salah satu sumber vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh adalah sayuran.

Tapi ada satu masalah yang sering dihadapi oleh Ibu-Ibu nih, yaitu si kecil yang sulit atau tidak mau makan sayur. Alasannya sih bermacam-macam, ada anak yang tidak suka sayur karena rasanya yang pahit atau bentuknya yang tidak menarik.

Namun tenang saja Bunda, karena terdapat beberapa rekomendasi sayuran yang mungkin akan disukai si kecil berikut ini.

Bayam

5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/Racool_studio

Salah satu jenis sayur yang sering tersedia di meja makan orang Indonesia adalah bayam. Sayuran dengan daun hijau lebar dan batang daun tipis ini, punya rasa yang netral dan tidak pahit sehingga cocok jika dicoba untuk menu anak. 

Memasak sayur bayam ini juga terbilang gampang, salah satunya olahan sayur bayam dengan jagung yang dimasak dengan kuah bening. Sayur bayam juga bisa olah dengan campuran pada telur dadar yang ditumis atau dengan sayuran lainnya.

Brokoli

5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/Racool_studio

Tidak ketinggalan jenis sayur yang satu ini punya rasa yang tidak kalah lezat dan disukai oleh anak-anak. Selain itu, brokoli juga kaya akan manfaat salah satunya zat besi dan vitamin A. Mengolah brokoli juga sangat mudah, sobat bisa jadikan olahan tumis brokoli daging, tumis brokoli jamur, campuran pada telur atau sekedar direbus untuk langsung dimakan.

Pastinya sebelum menikmati sayuran hijau yang satu ini, sobat perlu bersihkan secara menyeluruh dengan cara merendam di air garam. Kenapa? Hal ini agar ulat dan kotoran yang bersarang di kuntum brokoli dapat luruh.

Wortel

5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/buriy

Sayuran lain yang mungkin akan disukai si kecil adalah wortel. Rasanya yang tidak begitu pahit dan warnanya yang cerah bisa jadi pemikat agar anak mau makan sayur. Wortel punya berbagai manfaat salah satunya meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kesehatan jantung dan baik bagi kesehatan kulit.

Cara mengolah wortel juga terbilang mudah dan lezat, sobat bisa membuatnya menjadi olahan seperti sayur sop, wortel rebus, campuran bakwan, tumisan sayur dan lain sebagainya.

Buncis

5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/dashu83

Tidak kalah lezat dengan jenis sayuran lainnya, buncis bisa jadi alternatif Bunda untuk memberikan asupan sayur pada anak. Jenis sayur yang berbentuk panjang dan berwarna hijau ini, cara mengolah sayuran ini juga sangat mudah bisa diolah menjadi sup, tumisan, lalapan rebus atau dicampur dengan masakan lainnya. 

Pakcoy

5 Jenis Sayur dengan Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Sumber gambar : freepik/dashu83

Setelah melihat bentuknya sekilas mirip dengan sawi ya sobat namun dengan bonggol yang lebih lebar dan daun yang lebar juga. Pakcoy punya tekstur yang renyah saat dimasak, sehingga bisa jadi pilihan sayuran untuk dihidangkan ke anak.

Sayur pakcoy ini biasanya diolah menjadi tumisan bersama dengan bahan lain seperti daging atau jamur. Tidak jarang juga dijadikan campuran pada sup atau jenis masakan lainnya.

Nah sobat, itu dia beberapa jenis sayuran bergizi dan memiliki rasa lezat yang akan disukai oleh anak. Beberapa sayuran tadi hanya sebagian kecil dari sayuran yang bisa coba Ibu berikan ke anak, masih banyak jenis sayuran bergizi lainnya yang bisa dicoba.

5 Jenis Sayur Nutrisi Tinggi dan Disukai Si Kecil

Belanja Sayur Segar dari Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here