sumber gambar: freepik/spukkato

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan salah satu keresahan bagi sebagian orang. Obesitas ini merupakan kondisi ketidakseimbangan antara asupan makanan yang masuk dengan energi yang keluar dan bisa terjadi bagi berbagai kalangan usia.

Kondisi ini tidak baik bagi tubuh, karena dapat menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit. Seperti diabetes, serangan jantung koroner, hingga kanker usus besar. Tentu kamu yang berada di usia produktif dewasa, tidak ingin mengalami obesitas bukan?

Itu sebabnya simak beberapa cara mencegah obesitas yang bisa kamu terapkan berikut ini yuk. Sehingga tubuh lebih sehat dan bugar.

Menghindari Konsumsi Minuman Ringan dan Bersoda

sumber gambar: freepik/pvproductions

Langkah pertama yang perlu kamu terapkan adalah menghindari konsumsi minuman ringan dan bersoda. Karena jika dikonsumsi secara sering dan berlebihan, dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan berpotensi menyebabkan obesitas.

Melakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

sumber gambar: freepik/user6697855

Idealnya untuk mengurangi energi yang masuk ke dalam tubuh, kamu perlu melakukan aktivitas fisik secara rutin. Tidak hanya mencegah obesitas, ini juga baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuhmu agar tetap fit. 

Tidak punya waktu yang cukup untuk berolahraga? Tenang saja, kamu bisa melakukan olahraga dengan durasi minimal 30 menit dalam sehari. 

Mengurangi Stress dan Berpikir Positif

sumber gambar: freepik/Creativebird

Tips lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mencegah obesitas adalah mengurangi stress dan berpikir positif. Karena pikiran yang sehat akan menghasilkan keinginan untuk memulai pola hidup yang lebih sehat juga sobat. 

Menimbang Berat Badan Secara Teratur

sumber gambar: freepik/pixel-shot.com

Mengontrol dan memastikan berat badanmu di taraf normal atau ideal sesuai dengan tubuh masing-masing. Kamu bisa menimbang berat badan secara teratur, untuk mengukur setiap pertambahan atau penurunan yang terjadi.

Menjaga Pola Makan yang Seimbang

sumber gambar: freepik

Terakhir, kamu bisa mencegah obesitas dengan menerapkan pola makan yang seimbang setiap harinya. Ini dilakukan, untuk menjaga keseimbangan gizi dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh agar kamu tetap sehat.

Nah gimana? Kamu sudah menerapkan beberapa cara mencegah obesitas tadi belum? Kalau belum, tidak ada kata terlambat untuk memulainya sobat. Apalagi tujuannya untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. 

Sumber informasi: upk.kemkes.go.id

Produk segar makin komplit di Klik Indomaret

Belanja Produk Segar? Di Sini Makin Komplit

1 COMMENT

  1. Bener banget nih, kalau udh terkena diabtees susah banget buat sembuh maka dari itu kita harus bisa kontrol apa aja yang kita makan, salah satunya makanan yang rendah gula. Sebelum kita memakannya lebih baik untuk tau apa saja rekomendasi produk yang rendah gula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here