Makanan empat sehat lima sempurna, siapa yang tidak asing dengan istilah ini? Makanan tidak hanya enak tetapi juga perlu bergizi seimbang. Mulai dari asupan protein dari daging/ikan, buah-buahan dan yang tidak boleh ketinggalan adalah sayuran.

Selain dapat diolah menjadi olahan yang lezat, sayuran memiliki berbagai macam manfaat yang bagus bagi kesehatan tergantung dari jenis sayuran. Nah buat sobat yang masih pemula dan belum mahir mengolah sayuran bisa coba empat jenis sayuran berikut ini.

Kangkung

Sumber gambar : freepik/topntp26

Salah satu jenis sayur yang banyak dihidangkan baik di tempat makan maupun masakan rumah khas orang Indonesia. Tidak heran kangkung banyak gemari karena ketika dimasak teksturnya garing dan lezat. Cara mengolahnya pun tidak sulit, cukup buang bagian akar, dan potong menjadi beberapa bagian.

Hidangan terkenal yang terbuat dari kangkung adalah cah kangkung, kangkung tumis, dan hidangan lezat lainnya.

Bayam 

Sumber gambar : freepik/user11479153

Bayam menjadi jenis sayuran yang kaya akan zat besi. Selain menyehatkan bayam memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang tidak rumit. Beberapa contoh hidangannya seperti bayam tumis, sayur bayam dan jagung, keripik bayam atau masih banyak olahan lainnya. Bayam juga dapat dikonsumsi sebagai jus loh sobat.

Kembang Kol

Sumber gambar : freepik/kaiskynet

Suka makan sayuran? Belum lengkap rasanya kalau kamu belum coba kenikmatan dari sayur kembang kol. Memiliki bentuk yang bulat dan mekar di bagian tengahnya, kembang kol ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan.

Contohnya seperti cap cay, kembang kol cah ayam, tumis kembang kol dan berbagai macam hidangan lezat lainnya. 

Brokoli

Sumber gambar : freepik/Racool_studio

Memiliki rupa yang sama dengan kembang kol, brokoli menjadi sayuran selanjutnya yang bisa kamu coba. Brokoli memiliki kandungan zat besi dan ada kandungan lainnya seperti vitamin-A dan lainnya loh. 

Olahan brokoli yang dapat kamu coba yaitu brokoli tumis, sup brokoli daging, dan hidangan lainnya. Tekstur brokoli yang mudah lunak maka jangan terlalu lama memasaknya karena dapat mengurangi kandungan nutrisi di dalamnya.

Nah sobat itu dia beberapa jenis sayuran yang lezat dan menyehatkan untuk kamu olah. Tidak hanya beberapa sayuran di atas, masih banyak jenis sayur yang bisa kamu coba dan ketahui berbagai macam manfaatnya bagi tubuh.

Kamu punya rekomendasi sayuran lainnya? Bagikan di kolom komentar agar bermanfaat untuk orang lain juga ya.

Belanja Sayuran di Sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here