air mineral
sumber gambar: freepik/ugryumov

Air ada banyak jenis, tapi tahukah kamu? Ternyata antara air RO dan air mineral punya perbedaan loh. Ini dia perbedaan keduanya.


Banyak orang menganggap jika semua air minum itu sama, padahal ketika dilihat lebih jauh ada banyak jenis air layak minum yang ada. Misalnya RO (Reverse Osmosis) dan air mineral yang banyak dijumpai. Meski sama-sama air, keduanya memiliki perbedaan.

Nah untuk mengetahui lebih jelasnya apa itu keduanya, simak perbedaannya berikut ini.

Pengertian RO dan Mineral

Air adalah salah satu kebutuhan bagi tubuh yang penting untuk menunjang rutinitas harian. Itu sebabnya, mengonsumsi air minum yang cukup setiap hari akan membantu kamu agar tetap sehat dan berenergi.

Jika dilihat secara kasat mata, semua air minum mungkin memang tampak sama. Tapi sebenarnya, ada banyak jenisnya diantaranya adalah air RO dan mineral. Lantas, apa itu RO? Air RO adalah air minum yang diproses menggunakan mesin reverse osmosis. Mesin tersebut berfungsi menyaring air agar lebih sehat dan layak diminum.

Pada umumnya cara kerja mesin reverse osmosis (RO) akan membuat air yang berjumlah 10 liter menjadi 4 liter. Proses itu adalah salah satu bagian dari penyaringan air RO untuk membuang kotoran-kotorannya agar layak dikonsumsi. 

air mineral
sumber gambar: freepik/atlascompany

Sementara itu, air mineral adalah jenis yang memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi. Namun, berdasarkan sumber mineralnya, bisa dibedakan menjadi dua yaitu air mineral dengan kandungan murni dari sumbernya dan yang memperoleh zat mineral tambahan selama proses pengolahan karena sumber airnya tidak memiliki cukup mineral.

Salah satu sumber dari air mineral yang memiliki kandungan mineral murni adalah dari pegunungan vulkanik. Air mineral dari pegunungan vulkanik tentunya lebih baik dibandingkan dengan air yang memperoleh zat tambahan mineral. 

Hal itu dikarenakan pegunungan vulkanik terlindungi merupakan sumber mata air alami yang mengandung mineral tinggi. Di mana air mineralnya pun diolah secara langsung dari sumbernya dan disaring secara alami melewati aliran bebatuan, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga tanpa tambahan zat apapun.

Perbedaan Air RO dan Mineral

air mineral
sumber gambar: freepik/sorindarii

Meskipun terlihat sama, sebetulnya cukup banyak perbedaan yang dapat dilihat dari RO dan mineral. Mulai dari segi sumber hingga tahapan pengolahannya. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut.

1. Sumber

Perbedaan pertama yang dapat dilihat adalah dari segi sumbernya, air RO adalah air minum yang diproses melalui filterisasi menggunakan mesin reserve osmosis (RO) untuk membuang kotorannya. Sehingga, sebenarnya sumber dari air RO tidak terlalu diperhatikan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air mineral murni bersumber dari pegunungan vulkanik terlindungi yang memiliki kandungan mineral tinggi. Melalui sumber pegunungan tersebut, air akan tersaring secara alami oleh bebatuan sehingga kemurniannya lebih terjaga.

Namun ada pula yang sumber airnya tidak memiliki kandungan mineral yang mencukupi. Sehingga selama pengolahan, air tersebut ditambahkan zat-zat mineral.

2. Kandungan

Perbedaan air RO dan mineral berikutnya terletak pada kandungannya. Kandungan air mineral adalah magnesium, kalium, kalsium, natrium, selenium, zat besi, hingga zinc. 

Adapun kandungan air RO adalah H2O atau air saja, sebab proses filtrasi atau penyaringan air RO membuat kandungan mineralnya hilang bersama kotoran-kotorannya. Proses penyaringan tersebut dilakukan agar air RO menjadi lebih bersih dan layak untuk diminum.

3. Pengolahan 

Terakhir, perbedaan RO dan mineral yang dapat dilihat adalah dari segi proses pengolahannya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air ini bersumber dari pegunungan asli.

Meskipun begitu, air mineral tetap diolah untuk menjamin kebersihan dan keamanannya. Adapun proses pengolahannya adalah sebagai berikut.

  • Air mineral diambil langsung dari kaki pegunungan menggunakan pipa yang telah ditancapkan ke tanah, sehingga tidak tersentuh tangan manusia.
  • Setelah itu, air mineral akan masuk ke tahap penyulingan untuk disaring
  • Kemudian, air mineral akan diproses melalui tahap pembersihan dari bakteri atau mikroorganisme yang bisa membahayakan tubuh.

Berbeda dengan air mineral, RO diproses menggunakan mesin reverse osmosis. Air RO diolah melalui proses penyaringan, ultrasi, dan penyinaran ultraviolet. Hal tersebut diperlukan untuk membuat air RO lebih sehat dan layak diminum. Biasanya, dalam proses filtrasi air 10 filter akan menjadi 4 liter sedangkan sisanya yang mengandung zat berbahaya harus dibuang. Oleh karena itu, air RO di pasaran cenderung lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

RO dan Mineral Mana yang Lebih Baik?

Dari seputar perbedaan kedua jenis air minum ini, kamu mungkin akan bertanya-tanya, manakah yang lebih baik untuk dikonsumsi? Perlu diketahui, air RO adalah air minum yang diolah melalui filtrasi untuk membuang zat berbahaya agar layak diminum. Nah, karena mesin RO memiliki saring tinggi, sehingga berbagai molekul besar, baik zat berbahaya, ataupun tidak, akan turut terbuang.

Proses tersebut akan menghasilkan air bersih, ringan, dan layak untuk diminum. Tetapi kandungan mineralnya relatif sedikit berbeda, dari RO, air mineral mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena berasal dari sumber pegunungan asli. Oleh sebab itu, apabila dilihat dari segi kandungannya air mineral jauh lebih sehat dibandingkan RO.

Meski begitu, air RO juga banyak dimanfaatkan dalam dunia medis untuk keperluan tertentu karena kandungan pH-nya jauh lebih rendah. Jadi, manakah yang lebih baik? Jika anda tidak memiliki riwayat kondisi tertentu, disarankan untuk mengonsumsi air mineral mengingat kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Itu dia sederet informasi tentang perbedaan kedua air tersebut. Meskipun sama-sama baik, air mineral memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Oleh sebab itu, #AQUADULU memperbanyak konsumsi air dengan kualitas terjaga seperti AQUA direkomendasikan untuk kesehatan tubuh. 

AQUA adalah air mineral asli pegunungan yang terjaga khasiatnya karena telah melewati berbagai proses perlindungan dan pengujian. Berbeda dari air lainnya yang masih memperoleh zat-zat tambahan, AQUA 100% murni air mineral pegunungan sehingga AQUA terasa segar bahkan tanpa didinginkan terlebih dahulu.

Yuk selalu sediakan AQUA dulu di rumah! Diciptakan oleh alam, 100% MURNI air pegunungan tanpa tambahan apapun. Belanja produk AQUA lebih mudah #TinggalKLiK di Klik Indomaret.

air mineral
Temukan produk AQUA di KLiK Indomaret

Butuh AQUA? Belanja Sekarang Di KLiK Indomaret

Sumber informasi: sehataqua.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here