Di era teknologi seperti sekarang tentu untuk menjalin relasi dan hubungan dengan banyak orang tidak akan terlalu sulit. Justru malah lebih mudah karena adanya sosial media sebagai perantara yang bisa menyatukan berbagai kalangan dalam satu tempat. 

Bahkan beberapa orang menggeluti profesi di sosial media seperti berjualan secara online atau menjadi seorang influencer yang notabene nya adalah seseorang yang memiliki pengikut (Followers) dalam jumlah yang banyak di sosial media dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap para pengikutnya.

Tidak jarang beberapa dari mereka kerap mendapat gangguan berupa akun yang di hack atau privasi yang terbongkar oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu perlu adanya upaya menjaga privasi Sehingga kita merasa aman untuk bersosial media, salah satunya dengan beberapa cara berikut ini

Hindari Posting Hal Bersifat Pribadi

Sumber foto: Freepik

Memposting sesuatu yang bersifat pribadi justru akan membuat kalian terjebak dalam masalah. Salah satunya seperti ancaman stalker atau penguntit yang bisa membahayakan keselamatan diri dan orang terdekat.

Informasi yang bersifat pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, alamat kantor dan hal lain yang berkaitan dengan personal kita sebaiknya tidak dicantumkan di laman sosial media. Kecuali mencantumkan akun dan alamat email yang bersifat bisnis.

Memilih Relasi

Sumber foto: Freepik

Mengetahui secara jelas dengan siapa kalian berteman di sosial media tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Kenapa? Hal itu menghindarkan kalian dari akun spam yang tidak bertanggung jawab ataupun komentar tidak baik. Selain itu menjaga ruang lingkup pertemanan akan membuat kalian lebih mudah untuk menjaga privasi saat menggunakan sosial media.

Baca Juga: Rekomendasi Series Netflix Untuk Temani Santai Sobat

Setting Privasi Pengguna

Sumber foto: Freepik

Di setiap sosial media pasti menyediakan pengaturan privasi untuk para penggunanya. Salah satu yang paling berfungsi adalah menolak direct message dari akun yang tidak kita ikuti atau tidak kita kenal. Selain itu kalian juga bisa menggunakan fitur hide (menyembunyikan) postingan agar tidak dilihat oleh orang tertentu.

Jangan Terlalu Banyak Posting

Sumber foto: Freepik

Menunjukan rasa bahagia atau sukacita di sosial media memang wajar. Namun jika terlalu berlebih malah akan membuat privasi kalian terganggu. Salah satunya adalah mengunggah setiap kegiatan dalam sehari, kemudian menandai setiap tempat yang dikunjungi bisa membuat kalian menjadi sasaran kejahatan orang tidak bertanggung jawab.

Memiliki banyak teman dan pengikut di sosial media memang tidak bisa sepenuhnya di salahkan. Selain menambah teman hal ini juga bisa digunakan sebagai media untuk berbisnis dan menemukan circle yang membangun dan memotivasi kita untuk terus maju.

Yuk bijak menggunakan sosial media mulai dari sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here