cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/user21856044

Punya hobi pelihara ikan hias di rumah? Ini tips memelihara ikan hias di akuarium untuk kamu yang masih pemula.


Merawat hewan peliharaan adalah sebuah tanggung jawab yang perlu dilakukan sepenuh hati. Jika biasanya banyak orang memelihara kucing, anjing, ataupun hewan berbulu lainnya. Hewan laut seperti ikan juga jadi primadona untuk dijadikan sebagai peliharaan.

Tidak hanya sebagai peneman di rumah, merawat ikan di akuarium juga dapat memberikan keindahan dan ketenangan di dalam rumah. 

Tertarik untuk memelihara hewan laut yang satu ini? Yuk simak tips selengkapnya dalam merawat ikan berikut ini.

1. Memilih Akuarium yang Tepat

cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/studioworkstock

Langkah pertama dalam merawat ikan yang perlu kamu lakukan adalah memilih akuarium yang tepat. Pastikan ukuran akuarium sesuai, dengan jumlah dan jenis ikan yang hendak dipelihara.

Akuarium yang terlalu kecil, dapat membuat ikan merasa terkekang dan dapat mempengaruhi pertumbuhan maupun kesehatan ikan.

2. Menjaga Kualitas Air

cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/bilanol

Kualitas air yang baik akan sangat penting untuk kesehatan ikan. Itu sebabnya, menggunakan air yang bersih perlu untuk kamu lakukan. Selain itu, periksa pH, suhu, ammonia, nitrat, dan nitrit dalam air secara teratur.

Jika tidak ada keseimbangan, ada baiknya kamu mengganti air akuarium secara berkala. Tidak lupa, gunakan produk perawatan akuarium yang tepat.

3. Memberi Makanan yang Tepat dan Seimbang

cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/jat306

Kunci dari ikan yang sehat adalah pemberian makan yang tepat dan seimbang. Pemberian makan ini, tentu saja perlu kamu sesuaikan dengan jenis ikan yang kamu pelihara.

Jangan memberikan porsi makanan yang kurang atau berlebihan. Karena bisa saja mengganggu sistem pencernaan ikan, pemberian makan yang sesuai takaran akan lebih baik.

4. Menjaga Kebersihan Akuarium

cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/graphixchon

Bakteri dan penyakit, bisa saja menjangkit ikan bila diakibatkan lingkungan akuarium yang kotor. Itu sebabnya, menjaga kebersihan akuarium sangat penting untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan penyakit.

Cara membersihkannya bisa dilakukan mulai dari, membersihkan sisa makanan, kotoran, ataupun debu yang mengendap di dasar aquarium ataupun dinding akuarium.

Jangan menggunakan sabun sembarangan, karena bisa saja merusak ekosistem akuarium sehingga mengganggu kenyamanan ikan.

5. Mengatur Suhu dan Pencahayaan

cara memelihara ikan
Sumber gambar : freepik/revvoshots

Terakhir tapi tidak boleh ketinggalan adalah mengatur suhu dan pencahayaan akuarium. Ikan membutuhkan, suhu dan pencahayaan yang sesuai dengan jenisnya. 

Nah sobat, itu dia beberapa tips memelihara ikan yang bisa kamu terapkan. Khususnya untuk kamu yang baru pertama kali merawat ikan. Pelajari lebih juga detail cara merawat ikan dan berbagai media. Seperti buku, media sosial, dan lain sebagainya. Dan jangan lupa untuk selalu stok makanan ikan di rumah ya.

Sekarang belanja makanan ikan bisa dari rumah dengan aplikasi Klik Indomaret loh, gratis ongkir juga. Tunggu apalagi, yuk download Klik Indomaret sekarang.

Beli Makanan Ikan di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here