Sumber gambar : freepik/poringdown

Assalamualaikum buibu, gimana nih kabarnya? Di tengah cuaca yang tidak menentu semoga pada sehat-sehat ya sekeluarga.

Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman jajan online tanpa ribet dan yang pasti minim sampah. Jujur semenjak belajar menerapkan cara hidup yang ramah lingkungan beberapa bulan ini nggak pernah jajan online. Selain karena lagi mau berhemat juga kepikiran sama sampah packaging yang dihasilkan dari jajan online. Ya meskipun bisa dipilah dan disetorkan ke bank sampah atau waste management, tapi menurut aku tetap kalau mencegah itu lebih baik dari pada memilah.

Dan kebetulan banget kemarin Ayah habis belanja di Indomaret eh pulang-pulang bawa kopi, kan aku jadi pengen juga haha. Sering sih kepikiran mau nitip beliin ke Ayah tapi karena nggak bisa lihat sendiri menunya jadi maju mundur dan ujungnya nggak jadi minta dibeliin. Lalu setelah kulik-kulik, ternyata bisa jajan kopi di Point Coffee lewat aplikasi Klik Indomaret Food dan ada opsi untuk pick-up. Rezeki Ibuk lah memang buat jajan cantik. Langsung deh besok paginya pas Ayah mau berangkat kerja kubawain tumblr dan wadah buat nanti pulang mampir jajanin ke Indomaret, tapi tetep aku yang pesen sendiri via aplikasi haha.

Nah buat buibu kaum #dirumahaja kayak aku, cara ini bisa banget kamu coba. Kita bisa jajan milih sendiri dan nggak bayar ongkir karena kurirnya adalah suami tercinta, dan juga bisa makan jajan tanpa kepikiran sama sampah packagingnya.

Berikut ini cara untuk jajan cantik di Klik Indomaret Food agar bisa minim sampah versi yang aku lakukan:

1. Pastikan kamu sudah install aplikasi Klik Indomaret di handphone ya, bisa download ke AppStore untuk pengguna iOS atau ke PlayStore untuk pengguna Android. Nah buat tim yang memori handphone-nya penuh nggak perlu khawatir kalau nggak bisa install aplikasinya karena kamu tetap bisa akses Klik Indomaret via browser, tinggal masuk aja ke website www.klikindomaret.com ya.

2. Kalau kamu adalah pengguna baru bisa langsung sign up. Caranya gampang banget cuma dengan masukin nomor handphone dan akan dapat kode verifikasi yang dikirim via WhatsApp atau telepon. Nah buat yang sudah punya akun tentu tinggal login deh.

Halaman utama – Pilih metode transasksi – Halaman Klik Indomaret Food

3. Pilih menu Food yang ada di deretan menu-menu di halaman utama. tampilan yang di aplikasi bisa dilihat seperti gambar di atas ya.

4. Setelah masuk di halaman Food, kamu perlu untuk memilih metode transaksinya. Apakah mau dikirim ke alamat atau ambil di toko. Karena aku sudah niatkan untuk bawa wadah sendiri pas jajan, jadi aku pilih ambil di toko. Untuk toko yang kupilih adalah yang dilewati sama Ayah pas pulang kerja, biar hemat ongkos bensin dan tidak menambah jejak karbon.

5. Dari situ kamu akan diarahkan masuk ke halaman Food dengan berbagai pilihan menu yang tersedia di toko yang sudah kamu pilih. Kebetulan di toko yang aku pilih lengkap menunya, lalu mulai lah bingung mau jajan apa karena banyak banget pilihannya. Kamu bisa lihat sendiri di gambar di atas kalau memang pilihan menunya bervariasi banget, mulai dari Point Coffee, ayam goreng, Mister Donut, lauk-pauk, bento, Say Bread, Say Burger, onigiri, pizza, dimsum, dan masih banyak produk lainnya.

6. Setelah melalui diskusi, scrolling dan proses wawancara sama anak (haha), akhirnya kami pilih menu Cendolita dari Point Coffee dan ayam goreng tanpa nasi, request khusus si adek minta paha atas. Baiklah Ibuk mah bagian pesan aja sama bayar asal adek senang.

7. Seperti biasa kalau sudah pilih menu apa akan diarahkan ke halaman untuk memilih detail pesanan. Nah yang bikin aku amazed adalah semua menu atau pilihan tentang jumlah es, gula, dan topping di Point Coffee ini available semua. Nggak ada yang setelah dipilih ternyata sold out atau tidak tersedia. Jadi deh seperti biasa aku pilih untuk less ice dan less sugar. Dan bahagianya lagi gulanya pakai gula aren, untuk aku yang sedang mengurangi gula pasir ini sungguh jadi mood booster.

8. Bagian ini adalah yang krusial dalam menentukan akan seminim sampah apa jajan yang kita beli, yaitu bagian tambahkan catatan. Awalnya aku agak deg-degan kalau nggak ada opsi tambah catatan gimana, eh tapi ternyata ada. Happy πŸ™‚ Nah pada bagian tambahkan catatan ini pastikan untuk menuliskan pesan hijau ke penjual, agar aspirasi kita untuk bisa jajan minim sampah bisa terealisasi. Kalau versi aku adalah dengan request tidak diwadahi dahulu sampai suami aku ambil ke store karena kami sudah siapkan wadah sendiri.

9. Berikutnya adalah memilih waktu untuk pick up pesanan kita. Menariknya lagi di Klik Indomaret ini kita bisa pilih waktu pick up sampai tiga hari ke depan. Jadi bisa menyesuaikan banget sama kesediaan kita.

10. Terakhir, tentu saja kita perlu untuk membayar :p Pilihan untuk pembayaran di Klik Indomaret ini cukup lengkap menurutku. Mulai dari pakai i-saku, transfer bank via virtual account, cicilan dengan atau tanpa kartu kredit, uang elektronik, COD untuk yang pesanannya dikirim, atau bayar di tempat saat pengambilan pesanan untuk yang ambil ke toko. Jadi kalau lagi nggak ada saldo di rekening masih tetep bisa ya minta bayarin Ayah pas ambil pesanannya ke toko Indomaret hihi.

β€œDengan membawa wadah makanan sendiri, kita sudah turut ambil peran dalam mengurangi dampak krisis iklim.”

Cangkirkaca

Gimana buibu? Apakah terlihat mudah? Yupss, mudah banget. Meski kalau dibayangkan kok sepertinya rumit ya mau jajan saja harus bawa wadah sendiri dan lain sebagainya, tapi saat sudah dijalani sama sekali tidak rumit. Selain bisa mengurangi timbulan sampah kemasan sekali pakai, berikut beberapa manfaat dari jajan dengan bawa wadah sendiri:

Nah berikut ini beberapa tips dari aku kalu kamu ingin mulai jajan online dengan bawa wadah sendiri:
– Pastikan penjual yang kamu tuju bersedia untuk pakai wadah dari kita, kalau aku kemarin sempat tanya dulu ke pegawai di Point Coffee Indomaret apakah diperkenankan jika bawa wadah sendiri dan ternyata bisa. Jadi langsung deh meluncur besoknya.
– Pastikan terdapat opsi untuk pick up pesanan.
Siapkan wadah dari rumah sesuai dengan makanan yang akan kita beli.
– Tuliskan pesan hijau di aplikasi pembelian saat akan check out pesanan. Sampaikan aspirasi kalau kita ingin pesanan ditempatkan pada wadah yang kita bawa saat pick up. Jangan lupa pakai emot senyum πŸ™‚ dan ucapkan terima kasih juga.
– Terakhir jangan lupa bawa wadah yang sudah kita siapkan saat mampir ke outlet untuk mengambil pesanan.

Wadah yang dititip ke Ayah untuk ambil jajan di Indomaret

Secara keseluruhan pengalaman jajan minim sampah di Klik Indomaret Food kali ini sangat memuaskan buat aku. Pertama ekspektasi aku untuk bisa jajan online tanpa membawa pulang sampah terealisasi. Kedua, pelayanan dari sisi user experience dari aplikasi Klik Indomaret Food juga aku puas karena bisa menyesuaikan pesanan dan bisa menuliskan pesan hijau juga. Ketiga, rasa makanan yang aku beli tidak mengecewakan, bahkan si adek langsung ingin makan saat Ayah datang bawa tas isi pesanan yang berisi Cendolita dan ayam goreng. Hehe, kalau begini kan Ibuk jadi ingin jajan terus bawaannya.

Hasil jajan di Klik Indomaret Food pakai wadah sendiri πŸ™‚

Apalagi di Klik Indomaret Food ini setiap hari ada aja diskonnya. Untuk tahu update diskon dan informasi belanja di Klik Indomaret buibu bisa cek di blogklikindomaret.com yaa. Selain itu di blognya juga banyak artikel menarik yang membahas seputar gaya hidup, tips dan panduan, kecantikan, kesehatan, ibu dan bayi, serta masih banyak artikel menarik lainnya. Jangan lupa juga untuk follow instagram Klik Indomaret untuk update info-info terbaru ya buibu.

Jadi, buat kamu buibu tim jarang keluar rumah dan kalau pun mau pergi repot karena ada anak kecil langsung aja download aplikasi Klik Indomaret dan mulau jajan. Pas banget bisa untuk persiapan weekend besok. Jajan terus semakin hemat dan praktis #tinggalklik di Klik Indomaret Food. Ayo jajan sekarang langsung meluncur lewat link ini yaa.

Selamat jajan cantik buibuu πŸ™‚

Penulis : Widia Anggia Ficky

Pemenang Blog Competition

Sumber:
1. Pengalaman pribadi berbelanja dengan wadah sendiri di aplikasi Klik Indomaret via handphone.
2. Grafis merupakan hasil tulisan penulis yang diedit dengan aplikasi Canva.
3. Foto dokumentasi pribadi milik penulis.
4. Logo diambil dari website klikindomaret.com

Belanja Makanan dan Jajan di Klik Indomaret Food Aja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here