Saat sedang terburu-buru atau terlambat pergi ke kantor, sekolah atau tempat lain. Seringkali, kita melewatkan hal terpenting sebelum mengawali hari. Yup, benar sekali hal tersebut adalah sarapan, kenyataannya masih banyak orang yang mengabaikan arti penting dari sarapan ini sobat.

Jika kamu termasuk orang yang sering melewatkannya, wajib banget untuk tahu makna penting dari sarapan ini. Dilansir dari laman promkes.kemkes.go.id saat bangun sistem pencernaan kita dalam keadaan kosong, sehingga harus diisi agar dapat mengerjakan berbagai aktivitas.

Suplai energi yang optimal dan menyehatkan ibaratkan bahan bakar yang akan membuat organ tubuh kita bekerja secara optimal. Melewakan waktu sarapan, justru akan membuat kamu lebih mudah lapar dan bisa saja beralih ke camilan kurang sehat yang beresiko dapat meningkatkan berat badan.

Mengawali hidup sehat dapat dimulai dari sarapan yang sehat juga. Yuk, cek inspirasi makanan sehat yang bisa kamu konsumsi berikut ini.

Telur

Sumber gambar: Freepik

Di tengah situasi yang rawan akan virus seperti sekarang, tubuh kita tentunya memerlukan asupan makanan bergizi agar kesehatan dapat terjaga dengan baik. Nah, telur bisa menjadi salah satu olahan sarapan yang kaya akan protein dan mudah untuk didapatkan.

Cara mengolahnya juga terbilang cukup mudah sobat, mulai dari digoreng, direbus, dicampur dengan sayuran atau dimakan bersama nasi hangat di pagi hari cukup untuk membuat kamu menjalani aktivitas dengan lancar. Selain itu, telur juga kaya akan berbagai vitamin khususnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harianmu.

Jadi nggak ada alasan untuk malas makan telur ya sobat.

Buah-buahan

Sumber gambar: Freepik

Kamu nggak suka konsumsi buah? Sayang sekali, karena buah-buahan kaya akan vitamin dan serat yang baik bagi tubuhmu. Selain itu, kebanyakan buah relatif rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalankan diet sehat.

Sarapan di pagi hari dengan buah-buahan akan terasa mengenyangkan dan menyegarkan, karena kandungan serta dan air yang tinggi. Kamu bisa mengolah buah-buahan seperti mencampurnya dengan oatmeal, dicampurkan dengan yogurt, dijadikan jus atau di makan begitu saja tanpa campuran lainnya.

Tidak hanya sampai disitu, beberapa jenis buah juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Susu

Sumber gambar: Freepik

Kebanyakan orang terbiasa minum susu di pagi hari ataupun sebelum tidur. Tapi, sebenarnya tidak ada waktu terbaik minum susu. Pasalnya, susu bisa kamu konsumsi kapan saja misalnya di pagi, siang, sore, atau malam malam hari.​

Selain untuk menghindari efek kekenyangan, hal ini juga dilakukan agar kandungan kalsium dalam susu bisa terserap dengan sempurna.

Oatmeal

Sumber gambar: Freepik

Oatmeal bisa menjadi salah satu menu sarapan sehat yang bisa kamu konsumsi sobat. Karena kaya akan serat dan sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet sehat. Selain itu, oat juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Untuk cara mengolahnya kamu bisa menjadikan oatmeal sebagai pengganti sereal. Campurkan dengan susu segar dan bei toping buah-buahan sebagai pelengkap.

Roti

Sumber gambar: Freepik

Sarapan dengan roti bisa jadi salah satu alternatif buat kamu yang sering terlambat dan hampir melewatkan waktu sarapan. Apalagi roti kaya akan karbohidrat yang dapat menjaga stamina untuk menjalankan aktivitas harian.

Kamu dapat memilih berbagai jenis roti yang memiliki berbagai varian seperti roti gandum yang kaya serat.Untuk mengonsumsinya sebagai menu sarapan, kamu bisa olah dengan selai, telur dan sosis atau english breakfast dengan menu yang lengkap dan pastinya menyehatkan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan sehat. Di tengah pandemi seperti sekarang untuk belanja kebutuhan kita perlu ekstra hati-hati agar kesehatan tetap terjaga.

Itu sebabnya Klik Indomaret dapat menjadi solusi yang pas untuk kamu belanja berbagai kebutuhan mulai dari buah-buahan, sayuran, kebutuhan rumah, pembayaran tagihan dan masih banyak lainnya.

Stay safe and stay healthy sobat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here