young woman showing double thumbs up in black dress, black mask and looking happy , front view.

Lonjakan kasus covid-19 yang belakangan ini kian hari makin mengkhawatirkan membuat kita perlu memperketat protokol kesehatan sebaik mungkin. Apalagi, dengan munculnya varian baru covid-19 yang menimbulkan gejala lebih ganas daripada sebelumnya.

Hal tersebut yang memunculkan, gerakan pakai maasker 2 lapis saat keluar rumah guna mengurangi penyebarannya.

Dilansir dari laman Center for Disease Control and Prevention (CDC) penggunaan masker yang tepat adalah langkah penting yang dapat dilakukan semua orang untuk mencegah dan menyebarkan covid-19.

Memilih masker yang tepat tidak bisa asal sembarangan sobat, kamu perlu memperhatikan beberapa hal seperti apakah masker tersebut cocok di wajahmu, seberapa baik masker dalam menyaring udara, serta berapa banyak lapisannya.

Sumber gambar: Freepik

Nah untuk lebih amannya lagi kamu bisa menggunakan masker dengan panduan berikut:

  • Gunakan masker yang memiliki kawat pada bagian hidung, hal ini berfungsi untuk memastikan tidak ada kebocoran udara dari bagian atas masker.
  • Jangan lupa, tekuk kawat pada bagian hidung hingga terasa pas di wajah dan tidak kendor saat digunakan.

Untuk penggunaan masker 2 lapis yang disarankan:

  • Masker medis di lapisan dalam + masker kain di lapisan luar, gunanya agar masker kain dapat menutupi bagian samping masker medis yang masih berongga sehingga memberikan perlindungan ekstra.
  • Jika hanya punya masker medis? Ikatkan tali masker sedekat mungkin dengan ujung masker, hal ini agar sela-sela berongga pada masker dapat tertutup dengan baik. Sehingga, mengurangi celah bagi virus atau droplet untuk masuk
  • Kamu bisa menggunakan tali/konektor masker yang berfungsi mengencangkan posisi masker hingga menempel dengan sempurna pada wajah.
  • Jangan memakai masker medis + masker medis, masker sekali pakai tidak dirancang agar pas di wajah. Sehingga, jika digunakan 2 lapis tidak akan pas.
  • Untuk varian masker KN95, tidak perlu dilapisi bagian luarnya lagi karena sudah efektif menutupi secara rapat area hidung, mulut dan juga wajah.

Sumber gambar: Freepik

Jangan lupa, setelah menggunakan masker sekali pakai, segera buang dan hancurkan terlebih dahulu agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Nah, itu dia beberapa cara efektif dalam penggunaan masker 2 lapis yang bisa kamu terapkan. Yuk, disiplin protokol kesehatan dan tetap di rumah jika tidak berkepentingan.

Hal itu akan sangat membantu, agar pandemi segera berlalu dan kita dalam keadaan sehat.

Stay safe & stay healthy sobat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here