Young woman eating healthy salad with vegetables in kitchen

Tubuh yang sehat dan bugar adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Apalagi memasuki usia dewasa, kita bisa saja terserang penyakit yang bermunculan akibat faktor umur yang sudah tidak muda lagi.

Kesehatan tentunya tidak dapat secara instan begitu saja, melainkan diperlukan proses dan konsistensi yang panjang untuk mempertahankan pola hidup sehat. Hal ini agar tubuh dapat tetap sehat dan bugar, nah agar terhindar dari penyakit, tubuh melakukan proses alami yang disebut Detoksfikasi.

Apa sih itu Detoksfikasi? Merupakan proses pengeluaran zat beracun yang terjadi secara alami di dalam tubuh. Organ yang berperan penting, pada proses ini adalah hati dan ginjal.

Meskipun, racun yang masuk ke tubuh dapat tersaring secara alami, tubuh memiliki keterbatasan dalam menyaring racun jika diterima dalam jumlah yang besar.

Itu sebabnya, melakukan detoksifikasi dari luar tubuh juga sangat diperlukan. Apalagi, jika kamu sudah mengalami 5 tanda berikut ini.

Mudah merasa lelah

Sumber gambar: Freepik

Mudah merasa lelah dan tidak bersemangat, bisa menjadi salah satu tanda kalau tubuhmu perlu di detoksifikasi sobat. Pola makan yang tidak sehat, istirahat yang tidak cukup menjadi salah satu pemicu dari rasa lelah dan kantuk yang seringkali menyerang.

Itu sebabnya, ketika kamu mulai merasakan gejala di atas. Kamu perlu untuk mendetoksifikasi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, minum vitamin dan rutin berolahraga, agar tubuh kembali dalam keadaaan prima.

Kulit berjerawat

Sumber gambar: Freepik

Jerawat yang muncul dan tidak kunjung hilang juga perlu kamu waspadai, bisa jadi hal itu menandakan sinyal dari tubuh yang perlu untuk di detoksifikasi.

Kurangnya asupan vitamin dan mineral yang kamu konsumsi, menurunkan kemampuan tubuh dalam memproduk sel kulit baru. Sehingga, menjadi penyebab munculnya jerawat, kulit berminyak dan masalah kulit lainnya.

Bertambah berat badan

Sumber gambar: Freepik

Pertambahan atau penurunan berat badan yang terjadi secara signifikan perlu juga untuk kamu waspadai. Hal ini, bisa saja menunjukan kalau tubuhmu perlu untuk di detoks.

Memperbaiki pola hidup dimulai dari makanan, istirahat, dan olahraga. Menjadi langkah awal yang baik untuk mulai mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh.

Gangguan pencernaan

Sumber gambar: Freepik

Sering mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti sembelit, sulit BAB, mual ataupun kembung menunjukan kalau sistem pencernaan sedang terganggu.

Hal itu menandakan, kamu perlu untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman sehat.

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal terpenting, salah satu caranya adalah menerapkan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi serta berolahraga secara rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here