Young Asian woman wearing face mask protecting Coronavirus and allergies giving thumbs up isolated on light blue background

Saat menggunakan masker kain atau masker bedah banyak orang yang mengalami masalah kulit wajah. Biasanya masalah seperti jerawatan, kulit kasar, dan sensitif menjadi ancaman besar yang membuat orang malas menggunakan masker.

Efek ini timbul karena kita dalam sehari menghabiskan banyak waktu memakai masker. Tetapi meskipun maskeer adalah menawarkan perlindungan dari penyakit, masker dapat menjadi penyebab kerusakan kulit yang signifikan melalui keringat yang digosokan masker pada hidung.

Selain itu saat menggunakan masker, udara yang dikeluarkan dari hidung dan mulut tidak tersikulasi dengan baik. Sehingga kelembaban kulit di area yang tertutup masker terlalu tinggi dan berakibat meningkatnya pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Beberapa Cara Ini bisa kamu lakukan untuk menghindari kerusakan kulit akibat penggunaan masker.

Menjaga Kulit Tetap Terhidrasi 

Sumber foto: Freepik

Untuk mengurangi kerusakan kulit akibat penggunaan masker dalam waktu yang lama adalah menjaga kulit tetap terhidrasi. Caranya dengan minum air putih secukupnya dan lepaskan masker beberapa jam sekali untuk memberikan udara pada kulit. Jika wajah berkeringat, keringkan dengan menggunakan tisu wajah untuk menghindari munculnya bakteri yang bisa menimbulkan jerawat. 

Menggunakan pelembab wajah

Sumber foto: Freepik

Pelembab atau moisturizer memang digunakan sebagai dasar untuk mencegah kulit kering. Hal ini juga berlaku ketika sering menggunakan masker. Gunakan pelembab wajah untuk mengembalikan dan memulihkan kulit yang sensitif.

Baca Juga: Treatment Salon Yang Bisa Kamu Lakukan Dirumah Agar Tetap Tampil Fresh

Mencuci muka

Sumber foto: Freepik

Mencuci muka setelah seharian menggunakan masker dinilai efektif untuk mencegah timbulnya jerawat akibat pertumbuhan bakteri di area wajah yang tertutup oleh masker. Jangan lupa untuk menggunakan sabun pencuci muka yang memiliki formula lembut dan halus di wajah sehingga tidak timbul iritasi yang lebih serius.

Nah, beberapa tips tadi bisa kamu aplikasikan setelah menggunakan masker seharian agar kulit tidak menjadi rusak karena iritasi.

Selain itu jangan lupa mencuci masker kain secara rutin agar masker tifak menjadi sarang kuman, Jika kamu menggunakan masker bedah rajinlah mengganti masker untuk menghindari iritasi pada kulit.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here