Tomat memang dikenal dengan segudang manfaat, bukan hanya itu berbagai kandungan vitamin di dalam tomat juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan. Misalnya, kandungan antioksidan likopen yang tinggi dan berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung serta penyakit kanker.

Tomat tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Tomat juga bisa berguna untuk menjaga kecantikan kulit dari bahaya radikal bebas yang merusak kulit dan memberikan efek penuaan seperti keriput dan flek hitam.

Manfaat tomat tidak sampai di situ saja, beberapa manfaat ini bisa kalian dapatkan juga jika rutin mengkonsumsi tomat. Langsung aja yuk kita lihat!

Menjaga kesehatan mata

Sumber foto: Freepik

Tomat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang dimaksud bukan hanya satu jenis saja. Terdapat likopen, lutein, dan juga beta karoten yang berfungsi untuk melindungi mata dari kerusakan akibat cahaya, mengurangi perkembangan katarak pada mata, dan juga mengurangi risiko degenerasi makula pada mata.

Mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat

Sumber foto: Freepik

Tomat memang sering dijadikan bahan untuk produk kecantikan. Kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat dapat mencerahkan kulit secara alami. Selain itu, asam yang terkandung pada tomat dapat mengurangi ruam kemerahan pada kulit dan juga mengatasi jerawat membandel serta mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga: Manfaat Kulit Lemon Yang Harus Kamu Tahu

Memperbaiki masalah pencernaan

Sumber foto: Freepik

Mengkonsumsi tomat secara rutin bisa menjaga sistem pencernaan kalian. Tomat dapat membantu mencegah penyakit sembelit dan diare. Selain itu, tomat juga bisa mencegah penyakit kuning, kerusakan hati, serta membuang racun di dalam tubuh.

Mengurangi resiko stroke

Sumber foto: Freepik

Antioksidan adalah kandungan utama dalam tomat yang bisa mengurangi risiko stroke. Karena kandungan likopen pada tomat dapat mengurangi peradangan, mencegah pembekuan pada darah, serta menjaga sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Buah tomat dapat diolah dengan berbagai cara untuk dikonsumsi. Mulai dari jus, sup tomat, campuran sambal atau pun masakan. Sebagian orang juga suka mengkonsumsi tomat mentah yang dicampur dengan taburan gula.

Tapi kalian harus selalu ingat, untuk mencuci tomat sampai bersih agar bakteri dan kuman tidak bersarang di perut. Jangan lupa makan tomat hari ini!

Buah dan Sayur Segar Ada Disini Yuk Belanjaa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here