Jaga Kebersihan Rumah
Sumber gambar : freepik

Punya hewan peliharaan yang dirawat dengan sepenuh hati adalah suatu kebanggan bagi sebagian orang. Selain, bisa menjadi teman baik hewan peliharaan bisa mengurangi stress yang kita rasakan karena aktivitas yang padat.

Namun tidak hanya untuk lucu-lucuan saja, memiliki hewan peliharaan juga butuh komitmen yang besar dalam merawatnya. Hal ini demi kenyamanan pemilik dan juga hewan peliharaan.

Salah satu yang diperlukan adalah menjaga kebersihan rumah meskipun memiliki hewan peliharaan. Untuk itu, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sobat.

Menjaga Kebersihan Spot Favorit Hewan Peliharaan

Jika kamu memelihara kucing ataupun anjing di dalam rumah dan tidak ingin menggunakan kandang, sediakan satu spot untuk menaruh tempat tidur yang nyaman bagi mereka.

Jangan lupa jaga kebersihannya dengan melapisi lantai sekitar, dengan underpad khusus untuk hewan peliharaan yang mampu menyerap cairan jika anabul buang air kecil dan sebagainya.

Selain itu, rutin bersihkan area sekitar dengan vacuum cleaner agar bulu-bulu dan partikel kotoran terangkat dengan sempurna dan akhiri dengan pel lantai dengan pembersih yang tepat. 

Rutin Membersihkan Kotoran 

Jaga Kebersihan Rumah
Sumber gambar : freepik/uryupinanadezhda

Sebagai pemilik yang bertanggung jawab, tentu kita tidak ingin rumah berbau tidak sedap karena kotoran peliharaan yang bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan kita.

Itu sebabnya, membersihkan kotoran perlu dilakukan secara rutin agar kebersihan tempat pembuangan kotoran hewan tetap terjaga.

Jangan lupa buang pada tempat yang tepat ya sobat, misalnya saja menguburnya di tanah atau tempat yang memang disediakan untuk membuangnya.

Jaga Kebersihan Hewan Peliharaan

Jaga Kebersihan Rumah
Sumber gambar : freepik/prostooleh

Tidak hanya kebersihan lingkungan saja yang perlu diperhatikan, kebersihan dari hewan peliharaan sendiri juga perlu diperhatikan sobat.

Pastikan mereka rutin dimandikan sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya dimandikan rutin membawa ke vet dan vaksin juga akan melindungi hewan peliharaan dari penyakit berbahaya.

Gunakan Pelindung atau Cover

Kalau kamu ingin furniture atau sofa di rumah tetap awet, pastikan menggunakan cover atau pelindung yang lumayan tebal. Meskipun tidak 100% akan menghindarkan dari cakaran hewan peliharaan, setidaknya tidak cepat rusak.

Jangan lupa, berikan mereka alternatif mainan lain yang bisa digunakan sehingga mereka punya hal lain yang bisa dimainkan selain furniture milikmu.

Melatih Hewan Peliharaan

Jaga Kebersihan Rumah
Sumber gambar : freepik/unaihuiziphotography

Meski naluri hewan tidak bisa dibohongi, tapi dengan ketekunan mereka dapat dilatih lho sobat. Contoh sederhananya, adalah melatih mereka untuk tidur di tempat yang disediakan serta buang kotoran di tempat yang sudah kita sediakan juga.

Nah sobat itu dia, beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kebersihan rumah saat memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan di rumah.

Kamu punya tips bermanfaat lainnya? Coba bagikan di kolom komentar ya sobat, siapa tahu bermanfaat untuk yang lain juga.

Jaga Kebersihan Rumah
Periode promo hingga 07 Juli 2022

Beli Perlengkapan dan Makanan Hewan di Klik Indomaret

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here