Top view of frying pan over black background with green leaves. High quality photo

Memasak merupakan rutinitas yang sudah menjadi suatu kewajiban bagi sebagian besar ibu di dunia. Itu sebabnya, kehadiran peralatan masak di dapur menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan ketahanan dan keawetannya. 

Tapi hal ini berbanding terbalik, karena tanpa sadar kita kerap abai dalam merawat peralatan masak seperti wajan yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan benar. Itu sebabnya, berikut beberapa tips merawat wajan supaya tetap awet berikut ini.

Sesuaikan Spatula dengan Wajan

Sumber gambar: Freepik

Seringkali kita salah dalam memilih spatula atau sendok masak yang tepat untuk wajan yang kita punya. Itu sebabnya, seringkali wajan yang baru saja dibeli permukaannya tergores akibat spatula yang tidak sesuai.dengan permukaan panci yang digunakan.

Sobat bisa menggunakan spatula kayu atau berbahan dasar silikon yang tahan panas dan tidak mudah meleleh ketika digunakan memasak.

Bersihkan dengan Spon yang lembut

Household, clean. Sponge with foam

Sumber gambar: Racool_studio-Freepik.com

Ketika memasak hidangan yang berkuah kental biasanya terdapat noda kerak yang tertinggal di permukaan wajan sehingga kadang tanpa sadar kita menggunakan pembersih piring berbahan kawat yang bisa membuat permukaan wajan tergores dan tidak awet.

Itu sebabnya, gunakan spon lembut untuk membersihkan wajah dengan bersih agar tidak tergores. Selain itu, untuk menghilangkan kerak kamu dapat menggunakan baking soda atau cairan pembersih khusus yang tidak membuat permukaan wajan mengelupas.

Keringkan Selepas Dicuci

Empty round cast iron pan, wooden spatula, and tea towel napkin on a blue wooden table. Template for laying out a dish

Sumber gambar: Onebit14-Freepik.com

Mengeringkan wajan yang sudah dicuci bersih dengan menggunakan kain yang bersih atau tisu juga dapat menjaga keawetan wajan yang kamu gunakan sehari-hari sobat. 

Hal ini bertujuan agar wajan tidak lembab dan menjadi bau akibat permukaan yang masih basah dan belum kering sepenuhnya.

Simpan di Tempat Kering

Frying pans on wooden shelf closeup, cooking tools. Kitchen decoration, iron utensil

Sumber gambar: nomadsoul1-Freepik.com

Tidak hanya perawatan saat pencucian saja sobat, penyimpanannya juga perlu kamu perhatikan agar menjaga keawetan dari wajan yang kamu miliki. Simpan di tempat kering atau dapat juga digantung sehingga tidak mudah dihinggapi debu ataupun hewan-hewan kecil seperti serangga ataupun kecoa.

Sekarang sudah tahu kan sobat cara menjaga keawetan wajan yang kamu miliki. Nah kini wajan anti lengket lebih digemari karena mudah dibersihkan dan perawatannya yang tidak terlalu sulit. Kamu dapat menjadikan wajan anti lengket sebagai pilihan jika ingin mengganti wajan dengan yang baru dan memasak tanpa perlu menggunakan minyak.

Periode Promosi Berlangsung dari 25 November 2021 – 31 Januari 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here