Sebagai rakyat Indonesia penting untuk memperingati Hari Pahlawan 10 Nov yang jatuh pd hari ini. Hari Pahlawan ini dimaknai sebagai bentuk penghormatan

Bentuk penghormatan lainnya yang bisa kita lakukan adalah mengenalkan para tokoh pahlawan kepada generasi masa kini. Khususnya ketika menjadi orang tua kita mengajarkan kepada anak menghargai perjuangan para Pahlawan.

Bukan semata-mata hanya untuk rasa hormat, beberapa manfaat penting mengenalkan sosok pahlawan pada anak ini juga bisa Ayah Bunda simak berikut ini.

Lebih Mengenal Sejarah

Mengajarkan kepada anak mengenai tokoh pahlawan, secara tidak langsung mengajak mereka untuk lebih mengenal sejarah bangsa yang beragam. Mengenalkan sejarah pada anak mengajarkan, bahwa Indonesia yang mereka kenal saat ini dapat berdiri karena perjuangan para pahlawan terdahulu .

Menghargai Arti Dari Perjuangan

Pelajaran lainnya yaitu anak akan lebih menghargai arti perjuangan. Dibalik kemerdekaan Indonesia yang kita rasakan hingga saat ini, ada jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan.

Anak akan lebih memahami bahwa untuk mendapatkan sesuai yang diinginkan itu perlu adanya perjuangan.

Mengajarkan Rasa Cinta Tanah Air

Mengajarkan rasa cinta tanah air juga dapat dilakukan dengan cara mengenalkan para pahlawan kepada anak. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa perjuangan para pahlawan dapat terwujud karena adanya rasa cinta tanah air Indonesia. Terlebih usaha untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Memaknai Arti Persatuan

Indonesia terbentang dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai perbedaan yang menciptakan keberagaman. Keberagaman inilah yang menjadi kunci persatuan dalam proses kemerdekaan Indonesia. Para pahlawan yang kita kenal juga berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda namun tetap bersatu untuk satu tujuan yang sama yakni Kemerdekaan.

Mengenalkan anak pada tokoh pahlawan akan mengajarkan mereka, mengenai arti persatuan yang menjadi kunci dalam meraih kemederkaan yang dicita-citakan .

Itu dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika kita mengenalkan tokoh pahlawan kepada anak dan generasi masa kini. Anak-anak tentunya perlu mengetahui sejarah dan perjuangan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan.

Sebagai warga negara yang baik, memaknai perjuangan para pahlawan hal yang wajib kita lakukan sebagai bentuk rasa hormat dan terima kasih atas jasa tak terhingga yang mereka lakukan.

Selamat Hari Pahlawan 20 November 2021!

Terima kasih kepada para pahlawan atas jasa yang tak terhingga

Mengenal pahlawan pada anak tidak perlu dengan membaca buku2 sejarah yang tebal bisa melalui film, atau dengan mengambar tokoh pahlawan nasional. Beli perlengkapan menggambar, mewarnai, dan perlengkapan belajar lainnya di Klik Indomaret.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here