Kartini, Bukti Perjuangan Perempuan Indonesia
Sumber gambar : freepik/rawpixel.com

Hampir semua rakyat Indonesia pasti kenal dengan sosok yang pahlawan perempuan yang satu ini. Tepat pada tanggal 21 April setiap tahunnya kita memperingati Hari Kartini, untuk mengenang jasa R.A Kartini dalam memperjuangkan pendidikan dan kesetaraan perempuan di Indonesia.

Ia merupakan tokoh pahlawan perempuan dengan nama asli Raden Ajeng Kartini atau R.A Kartini. Dilahirkan pada tanggal 21 April 1870, tepat Hari Kartini diambil dari tanggal kelahirannya.

R.A Kartini juga dijadikan sebagai tokoh Pahlawan Nasional, merujuk keputusan Presiden RI No.108 Tahun 1964, pada Mei 1964. Diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai Hari Kartini. 

Bukan tanpa sebab adanya peringatan Hari Kartini ini sobat, berkat perjuangan beliau menyumbangkan gagasan dalam memajukan pendidikan dan kesetaraan perempuan Indonesia yang pada saat itu masih dianggap sangat kurang.

Mengutip dari situs Kemdikbud, R.A Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah. Ia berasal dari keluarga bangsawan, ia merupakan putri dari bupati Jepara pada saat itu, yakni Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat dengan M.A Ngasirah. 

Pada saat itu, para Perempuan hanya bisa bersekolah hingga usia 12 tahun, lalu selanjutnya akan dipingit dan menunggu untuk dinikahkan. Keadaan tersebut yang menyulut semangat R.A Kartini untuk memajukan pendidikan para perempuan di tanah air.

Peringatan Hari Kartini memiliki makna yang mendalam, khususnya bagi kita para perempuan Indonesia yang dengan semangat dan perjuangannya R.A Kartini sudah membuka jalan untuk pendidikan yang layak dan kesetaraan perempuan pada saat itu.

Sebagai generasi selanjutnya, perjuangannya tentu tidak boleh kita sia-siakan begitu saja. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan, sebagaimana cara beliau turut andil dalam membangun negeri ini di masa dulu.

Contohnya seperti mengunjungi tempat sejarah yang berhubungan, mengikuti lomba bertema hari Kartini, membaca buku atau biografi yang berhubungan dengan hari Kartini dan lainnya.

Menurut kalian cara apa yang bisa kita lakukan sebagai perempuan di masa kini untuk melanjutkan perjuangan R.A Kartini? 

Jangan lupa untuk tetap selalu berjuang untuk kesetaraan perempuan di Indonesia dan selalu kilaukan cantikmu dengan produk kecantikan di Klik Indomaret.

Sumber Info: katadata.co.id

Kartini, Bukti Perjuangan Perempuan Indonesia
Periode promo hingga 30 April 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here