Sepanjang tahun pastinya kita akan merayakan satu hari dimana ada momen spesial dibaliknya. Sama seperti hari ini, tepat pada tanggal 22 April setiap tahunnya kita memperingati Hari Bumi Sedunia lho sobat. 

Hari Bumi ini tercipta untuk memperingati hari lahirnya gerakan lingkungan yang dimulai pertama kali pada tahun 1970. 

Dikutip dari halaman resmi earthday.org tema Hari Bumi pada tahun ini adalah Invest In Our Planet atau #InvestInOurPlanet dari tema gerakan ini sendiri sudah banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk melestarikan bumi.

Pada perhelatan Earth Day tahun ini banyak acara dan aktivitas yang dapat kamu temukan dan ikuti melalui halaman resmi di atas sobat. Selain mengikuti banyak aktivitasnya, kamu juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai awal mula berdirinya gerakan ini serta cara-cara yang bisa dilakukan untuk memperingatinya.

Dalam section #WhatWillDo ada beberapa cara yang dianjurkan jika kamu ingin turut berpartisipasi dalam event Earth Day sobat. Beberapa diantaranya seperti:

  1. Bergabung menjadi volunteer dalam gerakan earth day
  2. Mematikan lampu ketika tidak digunakan
  3. Hindari plastik, beli produk kaca atau kertas
  4. Tumbuhkan tumbuhan organik
  5. Gunakan tas yang dapat digunakan kembali 
  6. Saat olahraga lari sekaligus mengutip sampah 
  7. Dukung bahan dasar organik

Berbagai cara di atas hanya sebagian kegiatan yang bisa kamu lakukan #WhatWillDo dalam memperingati Hari Bumi Sedunia. Menjaga bumi agar tetap lestari adalah tugas kita, karena kita tinggal di dalamnya dan bertanggung jawab akan keberlangsungannya.

Tidak perlu cara yang terlalu sulit dalam melestarikan bumi, cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti membuang sampah makanan mu pada tempatnya, mengurangi polusi dengan gunakan kendaraan umum, menggunakan tas ramah lingkungan, mendaur ulang barang tidak terpakai dan lain sebagainya.

Nah sobat itu dia beberapa ulasan singkat mengenai Hari Bumi Sedunia yang kita peringati pada hari ini. Yuk mari jaga bumi agar tetap lestari, sehingga anak cucu kita nanti dapat melihat keindahannya.

Kamu punya tips lain untuk memperingati Hari Bumi? Coba bagikan di kolom komentar ya, siapa tahu bisa menginspirasi orang lain juga.

Kurangi Sampah Plastik Beralih Ke Tas Ramah Lingkungan

Sumber gambar utama: Freepik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here