manfaat dashcam
Sumber gambar : freepik/kwangmoop

Kendaraan menjadi salah satu kebutuhan dalam memenuhi mobilitas manusia. Oleh karena itu pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat selalu memperhatikan ‘kesehatan’ kendaraanya. Bagaimana tidak, jika kendaraannya rusak tentunya dapat mempengaruhi mobilitas sehari-hari.

Namun, selain penting untuk merawat kendaraan, penting juga menjaga keselamatan saat berkendara.

Selain itu ada juga faktor keamanan untuk pengemudi yang tidak kalah penting, yaitu penggunaan dashcam atau dashboard camera yang biasanya dipasang pada bagian kabin depan maupun belakang mobil.

Walaupun kecil, dashcam memiliki berbagai manfaat yang bisa berguna untuk pengemudi agar lebih berhati-hati dan untuk tahu lebih lanjut ini dia beberapa manfaatnya.

Menjadi Alat Pemantauan

Fungsi utama dari penggunaan dashboard camera ini adalah menjadi alat pemantau yang berfungsi untuk memantau aktivitas yang terjadi di bagian depan kabin ataupun di bagian belakang mobil. 

Jika dibagian depan, umumnya dashboard kamera ini bisa memantau aktivitas pengemudi misalnya saja untuk kebutuhan penting yang membutuhkan keamanan seperti jika kamu memakai supir pribadi.

Menghindari Hal yang Tidak Diinginkan

manfaat dashcam
Sumber gambar : freepik/thexfile

Tujuan lain dari penggunaan dash cam ini adalah menghindari hal yang tidak diinginkan. Salah satu yang sering terjadi adalah penyudutan satu pihak saat terjadi kecelakaan yang dapat berujung pemerasan. 

Rekaman dari dash cam bisa menjadi alat bukti yang kuat untuk menghindari kamu dari kesalahan yang sebenarnya tidak kamu lakukan. 

Selain itu dash cam ini, juga bisa dijadikan sebagai bukti untuk klaim asuransi ketika mobil mengalami kerusakan yang dapat diganti atau perbaiki.

Meskipun harganya relatif mahal, namun penggunaan dash cam ini akan berguna dalam jangka waktu yang panjang jika dipakai dan dirawat secara benar. 

Sebaliknya, jika tidak berniat memasang pastikan mobilmu sudah memiliki kamera kabin bawaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas terjadi.

Sobat masih bisa memilih dash cam dengan harga yang relatif lebih murah, namun pasti dengan kualitas resolusi kamera yang lebih rendah dibanding dengan harga kamera yang relatif lebih mahal.

manfaat dashcam
Belanja Gadget dan Aksesoris Elektronik di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here