puasa idul adha
Sumber gambar : freepik/odua

Puasa ternyata tidak hanya dilakukan saat Bulan Ramadan tetapi sebelum Idul Adha juga ada puasa yang dianjurkan. Ini dia macam-macam puasa sebelum Idul Adha yang perlu kamu tahu.


Idul Adha merupakan salah satu hari raya penting bagi umat Islam yang diperingati pada tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya. Berkenaan dengan itu, muslim dapat mengamalkan puasa sunnah sebelum merayakan Idul Adha.

Layaknya Idul Fitri untuk menentukan waktu peringatan Idul Adha 2023 baru diketahui setelah Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan hasil sidang isbat. Meski demikian, bila mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, libur hari nasional perayaan Idul Adha akan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Lantas kapan waktu dan apa saja puasa yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum Idul Adha? Baca penjelasan selengkapnya yang dikutip dari website Kemenag.

1. Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah. Puasa ini merupakan anjuran yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Melaksanakan puasa Dzulhijjah merupakan cara bagi umat Muslim untuk memperbanyak amal ibadah, meningkatkan keimanan, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan Puasa Dzulhijjah, selain karena disunnahkan oleh Rasulullah, umat Islam yang mengamalkannya juga akan memperoleh cinta dari Allah SWT.

2. Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilakukan pada tanggal 8 Dzulhijjah, sehari sebelum puasa Arafah sebelum hari Idul Adha. Puasa ini adalah puasa sunnah, yang berarti tidak wajib dilakukan, tetapi dianjurkan untuk dilaksanakan.

Umat Muslim yang melaksanakan puasa Tarwiyah akan menahan diri dari makan dan minum sejak fajar hingga matahari terbenam. Selain itu, juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti membaca Al-Qur’an, berdoa, dan melakukan amal kebajikan.

3. Puasa Arafah

Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Hari Raya Idul Adha. Ini merupakan waktu yang istimewa karena merupakan salah satu puncak dari ibadah haji ketika jutaan jamaah haji berkumpul di Arafah untuk melakukan wukuf.

Dikutip dari Kemenag, pada hari yang sama umat Islam di seluruh dunia juga melaksanakan puasa sunnah. Puasa ini merupakan puasa sunnah, yang berarti tidak wajib dilakukan, tetapi sangat dianjurkan. Bagi yang mengerjakannya dijanjikannya ampunan dosa setahun yang telah lalu dan setahun lagi yang akan datang.

4. Puasa Sebelum Berangkat Salat Idul Adha

Terakhir adalah puasa sebelum berangkat melaksanakan ibadah shalat Idul Adha. Puasa ini tidak dilakukan seharian, lebih tepatnya menahan makan dan minum sejak bangun tidur hingga selesai menunaikan ibadah shalat Idul Adha.

Namun ada dua anjuran puasa, pertama bila tidak melakukan kurban, maka diperbolehkan makan dan minum setelah shalat ied. Sedangkan bila berkurban, disunnahkan untuk berpuasa sampai menyantap hasil kurbannya. Puasa yang dimaksud bukanlah puasa dari matahari terbit hingga terbenam. Sebab hukumnya haram apabila puasa satu hari penuh pada Hari Raya Idul Adha.

Berbagai macam puasa yang terkait dengan Idul Adha memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengingatkan pada peristiwa penting dalam sejarah Islam, dan menghormati makna ibadah kurban.

Jangan lupa untuk siapkan bumbu dapur untuk memasak daging kurban di rumah ya. Siapkan berbagai bumbu dapur dengan belanja di Klik Indomaret ya. Karena lengkap pilihan produknya, banyak diskonnya, dan gratis ongkir loh.

puasa idul adha
Periode promo hingga 4 Juli 2023

Belanja Bumbu Dapur Lengkap di sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here