makanan sehat

Tren gaya hidup sehat memang sudah seringkali kita dengar di telinga kita, apalagi di masa kini banyak orang yang mulai menyadari betapa berharganya kesehatan jangka panjang. 

Nah pola hidup sehat tentu dibarengi dengan pola makan yang sehat juga sobat. Itu sebabnya kita harus paham betul tentang makanan yang kita konsumsi sehari-hari. 

Buat kamu yang belum tau, wajib banget deh simak beberapa bahan makanan sehat yang ada di sekitar kita berikut ini.

Gandum

Sumber gambar: Freepik

Bukan jadi rahasia umum kalau gandum adalah salah satu makanan sehat. Berbagai makanan olahan yang terbuat dari gandum seperti biskuit, sereal atau snack jadi alternatif yang pas untuk kamu yang sedang menjalani pola hidup sehat.

Manfaat dari gandum sendiri sangat beragam sobat, mulai dari serat, zinc, magnesium, folic acid, vitamin E dan masih banyak lainnya. 

Brokoli

Sumber gambar: Freepik

Siapa yang suka makan brokoli? Kalau suka, maka kamu beruntung karena ternyata brokoli punya segudang manfaat yang baik bagi kesehatan sobat.

Sayuran hijau ini kaya akan kandungan kalsium, serat, potassium, folat, vitamin C dan masih banyak lainnya. 

Oh iya bagi kamu yang ingin mengkonsumsi brokoli, sebaiknya jangan terlalu matang saat dimasak karena bisa mengurangi kandungan nutrisi yang ada. 

Alpukat


Sumber gambar: Freepik

Buah yang sering jadi campuran dalam makanan Meksiko ini, ternyata punya manfaat yang gak kalah jauh dibanding buah lainnya. 

Kandungan dari buah alpukat terdiri dari lemak sehat, vitamin B, vitamin K dan vitamin E yang baik bagi tubuh. 

Ikan 

Sumber gambar: Freepik

Ikan dengan kandungan minyak ternyata baik bagi kesehatan tubuh sobat, walaupun tidak dipungkiri semua jenis ikan itu sehat ya. 

Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 adalah mackerel, herring, salmon, sarden dan banyak lainnya. Minyak ini dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung. 

Telur

Top view multiple eggs in basket Free Photo

Sumber gambar: Freepik

Salah satu sumber protein yang kita konsumsi sehari-hari, ternyata telur punya beragam manfaat yang baik bagi kesehatan. 

Vitamin yang terkandung di dalam telur antara lain, vitamin B2 dan vitamin B12. kedua jenis vitamin ini berfungsi untuk menjaga energi dan menghasilkan sel darah merah. Telur juga merupakan sumber asam amino leusin yang baik

Buah beri

Frozen mixed berry Free Photo

Sumber gambar: Freepik

Buah beri kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi otak dan meningkatkan memori. Hal ini membantu meningkatkan kinerja otak kita, yang termasuk kategori buah-buahan beri diantaranya stroberi, blueberry, mulberry, dan buah ceri.

Sebagai pusat kendali dari seluruh organ tubuh, otak merupakan organ yang sangat berperan penting dalam setiap aktivitas kita. Itu sebabnya disarankan untuk menjaga fungsi otak agar tetap maksimal.

Itu dia beberapa bahan makanan sehat yang bisa penuhi kebutuhan gizi kalian sobat. Mengkonsumsi susu juga akan melengkapi kebutuhan akan kalsium dengan baik loh.

Banner

Sumber gambar utama: Freepik
Sumber: MedicalNewsToday

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here