Mencicipi berbagai kuliner di nusantara memang menyenangkan, bukan saja karena rasanya yang lezat dan kaya akan rempah. Beberapa kuliner memiliki cita rasa, bentuk, atau cara pengolahan yang unik sehingga kita nggak akan bosan untuk selalu mengeksplorasi berbagai kuliner khas Indonesia.

Nah beberapa kuliner unik khas berbagai daerah di Indonesia ini wajib banget kamu coba dan kunjungi di daerah asalnya.

Tauge goreng

Mendengar jenis makanan yang satu ini pasti kalian menganggap ah biasa banget!, padahal kalau dilihat dari proses memasaknya nah itu yang terasa beda. Namanya mungkin tauge goreng tapi cara memasaknya direbus loh. 

Makanan khas Bogor ini, terbuat dari rebusan tauge dan mie kuning yang dimasak dengan taburan kucai di atasnya. Selain itu ditambahkan lontong, tahu kuning serta tambahan bumbu yang terbuat dari campuran oncom dan tauco. 

Rawon setan

Kalau dengar namanya mungkin kamu bakal merasa sedikit takut, tapi tenang rawon setan itu cuma sekedar nama saja kok. Asal usul kata ‘setan’ sendiri ada karena, dulu saat warung rawon setan ini pertama kali buka, mereka hanya berjualan pada malam hari hingga menjelang subuh.

Soal rasa kalian nggak perlu diragukan lagi. Kelembutan daging dan gurihnya kaldu hitam pekat membuat kamu pasti akan nagih dengan makanan yang satu ini. 

Es nona

Pasti kalian merasa asing dengan nama minuman yang satu ini, minuman khas Pontianak ini memang memiliki nama yang unik. Asal usul nama unik es nona konon berasal dari cita rasanya yang manis dan lembut seperti sifat perempuan. Tapi masih banyak versi lain, cerita terkait terciptanya nama es nona ini sobat.

Rujak cingur 

Makanan yang beberapa waktu lalu sempat viral ini memang terdengar asing di telinga kita, kata cingur berarti moncong sapi. Wah unik sekali kan rujak dengan potongan cingur ini, isian dari rujak cingur ini ada tahu, tempe, kangkung, bengkuang, cingur, dan juga nanas. Setelah itu disiram dengan bumbu kacang yang diracik sesuai resep yang sudah ada sejak dulu.

Berbagai kuliner unik tadi, tentu saja nggak lepas dari tradisi turun-temurun orang Indonesia. Menikmati makanan khas berbagai daerah, jadi sebuah kebanggaan yang patut kita syukuri karena masih adanya warisan kekayaan kuliner dari nenek moyang kita.

Sumber foto utama: Photo by Baiq Daling on Unsplash

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here