Berdasarkan data dari digitalmarketinginstitute.com pada tahun 2020 diperkirakan kebutuhan pekerja dengan skil digital marketing akan meningkat hingga 20 ribu pekerja baru. Namun cukup disayangkan melonjaknya permintaan ini tidak diiringi dengan kecukupan para pekerja yang menguasai kemampuan dibidang ini.

Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan untuk kalian yang ingin menekuni bidang ini. Apalagi ditambah semakin berkembangnya teknologi dan internet, kebutuhan untuk digital marketing makin tidak terelakan lagi.

Selain itu, ilmu Digital Marketing ini bisa dikatakan sebuah ilmu yang Otodidak dalam mempelajarinya. Sehingga membuat orang-orang yang mau mulai belajar tentang Digital Marketing disarankan untuk mencari referensi lebih lanjut ketika memutuskan untuk belajar dengan pihak ataupun individu tersebut.

Karena itu untuk teman-teman yang ingin mendalami bidang ini berikut ada beberapa rekomendasi website yang bisa kamu pelajari untuk menambah wawasan serta skillmu dalam bidang ini.

Quicksprout

Sumber: starter story

Blog ini dikelola dan dimiliki oleh Neil Patel jika kamu cukup aktif di sosial media terutama LinkedIn pasti tahu Neil patel ini salah satu penggiat digital marketing yang paling aktif dan kompeten bahkan mendapat penghargaan dari Mantan Presiden US Barack Obama sebagai “Top 100 Entrepreneur under the age of 30″.

Di blognya ini, membahas digital marketing dari berbagai sisi untuk membangun serta mengembangkan bisnis dari digital marketing. Informasi yang diberikan pun merupakan informasi fundamental dengan teknis-teknis yang aplikatif yang mencakup SEO, optimalisasi media sosial hingga menciptakan konten yang viral.

Jon Loomer

Sumber: digital.com

Karena cakupan digital marketing yang luas kamu bisa fokus ke salah satu bidang terlebih dahulu. Salah satunya yaitu facebook ads. Jika kamu ingin mempelajari seluk beluk dan tips untuk beriklan di Facebook website ini bakalan cocok untuk kamu

Jon Loomer adalah seorang Digital Marketer dan konsultan bisnis yang fokus pada facebook ads. Di website nya Jon Loomer banyak memberikan tips-tips dasar hingga menengah. Penyampaiannya pun cukup mudah diterima, sehingga saya rasa teman-teman tidak akan kesulitan ketika belajar Facebook Ads disini.

Udemy

Sumber: under consideration

Website ini merupakan salah satu pelopor kursus online, disini teman-teman akan menemukan berbagai kursus baik berbayar maupun gratis. Pengisi kursusnya pun merupakan orang yang kompeten dibidangnya.

Bagian digital marketingnya pun sangat lengkap tergantung dengan minat yang ingin kamu pelajari. Selain itu jika kamu menyelesaikan kursusnya akan mendapatkan sertifikat untuk bidang yang kamu pilih.

Panduanim

Sumber: blog teknologi

Sebelum ini rekomendasi yang muncul selalu dari website luar negeri, lalu bagaimana dengan website buatan anak bangsa? Tentu saja ada dan kualitasnya tidak kalah dengan website luar negeri

Website panduanIM ini menurut saya yang paling “Newbie Friendly” dibandingkan website-website lainnya. Pembahasannya cukup lengkap, mudah diterapkan, dan beragam bidang Digital Marketing dibahas di website ini.

Teman-teman bisa belajar mulai dari Copywriting, membangun website via wordpress, hingga membahas bagaimana cara menulis blog yang mempunyai nilai bisnis.

Bagaimana kapan kamu mau belajar?

Top Up Dan Beli Voucher Game Kamu Disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here