Odading mang Oleh! Rasanya.. Eitss kalian pasti gak asing kan sama jargon yang tadi. Odading sendiri adalah roti goreng yang berasal dari kota Bandung sobat. Viralnya kuliner yang satu ini, terjadi secara gak sengaja karena video promosi singkat oleh Ade Londok yang bicara dengan logat sunda yang kental.

Nah omong-omong soal Odading, kamu juga bisa loh membuat sendiri roti goreng yang sedang viral ini di rumah. Cukup dengan beberapa bahan yang simple berikut ini. 

Bahan:
1 butir telur
300 gr tepung terigu
60 gr gula pasir
2 sdm margarine
1 sdt garam
1 sdm ragi instant
100 ml air hangat 
biji wijen secukupnya

Cara membuat:

  • Langkah pertama, larutkan gula dan ragi instan ke dalam segelas air hangat. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Tutup gelas, kemudian tunggu hingga air terlihat berbuih.
  • Selanjutnya, siapkan wadah lalu masukan 300 gr tepung terigu, 1 butir telur, 1 sdt garam, 2 sdm margarine. Terakhir masukan campuran gula dan ragi yang sudah berbuih tadi.
  • Lalu uleni adonan dengan tangan hingga kalis, pastikan kalian sudah mencuci tangan atau menggunakan sarung tangan plastik ya sobat agar higienis. Nah, uleni adonan hingga tidak terasa lengket di tangan kalian.
  • Jika sudah bulatkan adonan roti, lalu letakkan di wadah dan tutup dengan menggunakan kain atau plastik. Tunggu sekitar 30 menit atau sampai adonan mengembang.
  • Setelah mengembang, tekan dan uleni kembali adonan untuk mengeluarkan udara di dalamnya. Lalu, pindahkan ke permukaan meja yang sudah bersih, pipihkan adonan dengan gilingan. Kemudian potong adonan sesuai selera dan taburi dengan biji wijen di atasnya. Selanjutnya goreng adonan dalam minyak panas hingga kecoklatan dan mengembang.
  • Kalau sudah, tiriskan roti dan tempatkan di piring saji, odading si roti goreng khas Bandung siap untuk temani waktu bersantaimu.

Sumber foto utama: diadona.id/Diahdini.com

Sumber resep: Wan noor/youtube

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here