Peringatan hari anak yang jatuh tepat tanggal 23 Juli 2020 ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kita dilanda pandemi covid-19 yang akibatnya mengharuskan kita untuk tetap berada dirumah.

Pada tahun ini Hari Anak Nasional mengusung tema “Anak terlindungi, Indonesia maju” dan tagline #AnakIndonesiaGembiraDiRumah.

Tema tahun ini disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di sekitar kita, pandemi yang terjadi mengharuskan kita memberikan pengawasan ekstra untuk menjaga anak dari paparan virus. Karena anak adalah salah satu kelompok yang rentan terhadap penularan.

Bukan hanya dampak kesehatan, beberapa dampak yang dialami oleh anak lainnya adalah dampak sosial, terganggunya proses belajar-mengajar, pengasuhan dan banyak lagi. 

Perayaan Hari Anak Nasional 2020 yang dilakukan secara daring akan disiarkan melalui aplikasi zoom dengan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. 

Muslim woman teaching her children painting and drawing at home. Premium Photo

Sumber foto: Freepik

Sebagai orang tua, kita juga perlu berperan aktif dalam mendukung proses pembelajaran anak selama dirumah. Serta mencukupkan kebutuhan mereka selama di rumah sehingga anak tidak merasa stress atau merasa terkurung.

Ajak mereka bermain selama di rumah, akan mempererat hubungan yang terjalin antara orang tua dan anak. Bermain sambil belajar membuat anak lebih cepat menangkap materi pembelajaran yang ada. 

Sumber foto: Freepik

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah berkebun, memasak, dan masih banyak lainnya. Hal itu akan mengasah kreativitas dan kecerdasan anak walaupun mereka tidak keluar rumah. Keberlangsungan generasi penerus bangsa ada di tangan kita, mari berperan aktif dalam tumbuh kembang mereka.

Selamat Hari Anak Nasional 2020!

#AnakIndonesiaGembiradiRumah

Sumber: Tirto.id/Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here